Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Usul Rumah Rp 300 Juta untuk ASN dan TNI-Polri Bebas PPN

Kompas.com - 09/08/2023, 13:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengusulkan kepada Pemerintah untuk membebaskan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) rumah seharga Rp 300 juta bagi ASN, dan anggota TNI-Polri.

Hal ini disampaikan Totok saat Musyawarah Nasional Real Estat Indonesia (Munas REI) ke-XVII di Sheraton Hotel, Gandari City, Jakarta, yang dibuka Presiden RI Joko Widodo, Rabu (9/8/2023).

Menurutnya, usulan ini untuk membantu percepatan realisasi Program Sejuta Rumah (PSR), setelah program PPN Ditanggung Pemerintah (DTP) mencapai kesuksesan selama pandemi Covid-19.

"Oleh karena itu, kami mengusulkan program bebas PPN untuk harga rumah Rp 300 juta," ujar Totok.

Baca juga: Nih Syarat Rumah Subsidi yang Bisa Dapat Diskon Harga PPN

Atas usulan ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menanggapi bahwa mungkin saja itu direalisasikan.

Pihaknya pun menjanjikan akan membicarakan hal ini dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Nanti akan saya bicarakan dengan Menteri Keuangan," imbuh Basuki.

Sementara Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna menganggap usulan bebas PPN untuk rumah Rp 300 juta sangat baik karena masyarakat berpenghasilan Rp 8 juta masih butuh dukungan.

"Masih butuh dukungan ya, untuk masyarakat berpenghasilan Rp 8 juta. Sementara untuk rumah vertikal, batas maksimal berpenghasilan di atas Rp 8 juta per bulan ya," ucap Herry.

Untuk diketahui, hingga saat ini backlog kepemilikan hunian di Indonesia mencapai 12,71 juta, dengan kebutuhan per tahun mencapai sekitar 700.000 hingga 800.000 kepala keluarga (KK).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com