Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Naik Lagi Tahun 2024, Ini Saatnya Beli Rumah Subsidi

Kompas.com - 03/08/2023, 11:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pada pertengahan Juni 2023, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) resmi melakukan penyesuaian harga rumah subsidi.

Harga rumah tercatat naik 8 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari semula pada kisaran Rp150,5 juta hingga Rp 219 juta menjadi Rp 162 juta hingga Rp 234 juta.

Namun menurut General Manager Regional 2 Vista Land Group, Ardian Hendra, kenaikkan harga 8 persen (atau sekitar 2,6 persen per tahun) ini sama sekali tidak memberatkan konsumen.

Hal ini karena cicilan yang harus dibayarkan pun masih berada di angka Rp 1 jutaan atau naik hanya Rp 100 ribuan saja.

Baca juga: Pemerintah Tindak Lanjuti Curhat Pengembang Rumah Subsidi Dekat IKN

Apalagi pemerintah masih melanjutkan kebijakan pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah subsidi yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 60/PMK.010/2023.

Dengan PMK ini, setiap rumah mendapatkan fasilitas berupa pembebasan PPN sebesar 11 persen dari harga jual rumah tapak atau antara Rp 16 juta sampai dengan Rp 24 juta untuk setiap unit rumah.

Karena itu, tahun ini merupakan momen yang tepat bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk membeli rumah subsidi, sebab harga Rp 181 juta tahun ini hanya bertahan 5 setengah bulan saja.

Pada awal tahun 2024 secara otomatis rumah subsidi di wilayah Jabodetabek (sesuai PMK 60/PMK.010/2023) kembali naik menjadi Rp 185 juta.

Salah satu rekomendasi rumah subsidi yang bisa dibeli adalah rumah subsidi di Puri Harmoni Muktiwari yang dipasarkan oleh Vista Land Group.

Baca juga: Apersi Targetkan Pasok 130.000 Unit Rumah Subsidi Tahun 2023

Rumah subsidi ditawarkan dengan harga Rp 181 juta, di mana memiliki luas bangunan 27 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi.

“Per 1 Januari 2024, harga akan naik sebesar Rp 4 juta jadi Rp 185 juta. Karena itu, cukup booking fee Rp1 juta dan DP 0 persen MBR bisa wujudkan mimpi punya rumah. Sebaiknya jika punya kesempatan, inilah momentum tepat beli rumah subsidi,” jelas Ardian

Pada semester pertama 2023, rumah subsidi di Puri Harmoni Muktiwari yang berlokasi di Cibitung, Bekasi berhasil terjual 120 unit.

Kualitas dan legalitas

Walau merupakan rumah subsidi dan terkesan rumah murah, Ardian menjamin kualitas dan desain rumah, serta infrastruktur kawasan Puri Harmoni Muktiwari telah dirancang dengan baik.

Untuk rumahnya sendiri memakai new fasade, tembok belakang, kusen aluminium, carport 3 meter, dan pintu utama engineering door.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com