Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Jokowi: Jalan Surakarta-Purwodadi Rusak sejak Dirinya Masih Kecil

Kompas.com - 24/07/2023, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita, Jalan Surakarta-Geyer-Purwodadi di Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), telah rusak sejak dirinya masih kecil.

Hal ini disampaikan Jokowi kala meninjau ruas tersebut yang didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Minggu (23/7/2023).

"Khusus untuk jalan ini, memang dari kecil saya setiap hari lewat sini, tidak pernah beres," ungkap Jokowi dalam kunjungannya tersebut.

Kendati demikian, kata Jokowi, apabila konstruksinya dilakukan sekarang, memang biaya yang dibutuhkan menjadi dua kali lebih mahal. Namun, pemakaian bisa lebih dari 10 tahun.

Baca juga: Di Era Jokowi, Sertifikasi Tanah Wakaf Melonjak Jadi 15.730 Per Tahun

"(Jadi) kita berhitung untuk jangka panjang, lebih murah. Kalau jangka pendek memang lebih mahal," lanjut Jokowi.

Untuk diketahui, Jalan Surakarta-Geyer-Purwodadi merupakan jalan logistik dengan status jalan provinsi yang ditangani Kementerian PUPR.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Jokowi menambahkan, Inpres Jalan Daerah merupakan instrumen fiskal yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk meningkatkan kondisi jalan daerah, seperti jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota secara nasional.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Pertama di Bumi Raflesia

Sementara itu, Basuki mengatakan, untuk perbaikan Jalan Surakarta-Geyer-Purwodadi sepanjang 59 kilometer, sudah 8,7 km jalan rusak dikerjakan Kementerian PUPR sebelum Inpres Jalan Daerah terbit.

Sehingga, sisanya akan dilakukan penanganan melalui Inpres Jalan Daerah.

"Kita tangani dan kita bagi ruas ini menjadi 10 spot. Sekarang progresnya sudah 56 persen," tegasnya.

Penanganan Ruas Surakarta-Geyer-Purwodadi dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga sejak 14 Desember 2022 dengan nilai kontrak Rp 97,4 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Deltamarga Adyatama.

Baca juga: Bandara Kertajati Diminati Investor Asing, Jokowi: Ada Sesuatu

Sementara Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan ucapan Terima kasih atas penanganan Jalan Solo-Purwodadi yang melintas di Sragen.

Menurut Yuni, perbaikan jalan ini akan meningkatkan produktivitas pada jalur logistik dan akses ke destinasi pariwisata, khususnya Museum Purbakala Sangiran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com