BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Resmi Jadi KEK Digital, Ini 4 Kelebihan Nongsa untuk Investasi Properti

Kompas.com - 12/07/2023, 10:42 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Digital pada akhir 2022, Nongsa Digital Park (NDP) yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menarik minat perusahaan rintisan (startup), khususnya di bidang teknologi, untuk membuka kantor di sana.

CEO Nongsa Digital Park Mike Wiluan mengatakan, jumlah startup yang sudah membuka kantor di NDP mencapai 80 perusahaan hingga akhir 2022.

Kawasan tersebut, lanjutnya, diproyeksikan dapat mendatangkan investasi sebesar Rp 16 triliun dengan serapan 16.500 tenaga kerja.

Baca juga: Nongsa Digital Park Tanam Fiber Optik Network Senilai 3 Juta Dollar AS

Melihat potensi tersebut, kawasan Nongsa bisa menjadi salah satu pilihan daerah untuk investasi di sektor properti. Terlebih, sekitar 10 km dari NDP, pemerintah juga mengembangkan KEK Batam Aero Technic (BAT) seluas 30 hektare (ha) dengan serapan 9.976 tenaga kerja.

Selain keberadaan dua KEK, Nongsa memang punya sejumlah keunggulan yang dapat dijadikan pertimbangan investor sebelum membenamkan dana di sektor properti. Berikut adalah empat keunggulan tersebut.

1. Lokasi strategis

Nongsa merupakan salah satu wilayah strategis di Batam. Wilayah ini terletak tak jauh dengan Singapura, yakni 20 km. Dari Nongsapura Ferry Terminal, Singapura dapat ditempuh dalam 40-50 menit menggunakan feri.

Dalam sehari, terdapat tiga perjalanan feri dari Nongsapura Ferry Terminal ke Tanah Merah, Singapura. Khusus Selasa, Kamis, dan Sabtu, pihak maskapai pelayaran menambah satu jadwal perjalanan.

Seperti diketahui, Singapura merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat Indonesia.

Merujuk hasil studi Global Travel Invention 2022, 24 persen masyarakat Indonesia memilih Singapura sebagai destinasi liburan, mengalahkan Malaysia (15 persen), Thailand (13 persen), Jepang (12 persen), dan Amerika Serikat (8 persen).

Adapun Singapura dipilih lantaran punya beragam destinasi wisata dan tak memerlukan visa untuk berlibur.

Berkat kelebihan tersebut, kawasan Nongsa pun diproyeksikan sebagai Digital Bridge karena menjadi jembatan bagi Singapura dan Indonesia untuk mengembangkan ekonomi digital kedua negara.

2. Punya fasilitas dan infrastruktur memadai

Sebagai pusat ekonomi digital, kawasan Nongsa sudah dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur yang memadai.

Fasilitas, seperti hotel bintang 5, restoran, gedung pertemuan, dan lapangan golf, dapat digunakan untuk menunjang berbagai kegiatan di Nongsa.

Tak hanya itu, sebagai KEK khusus digital, Nongsa memiliki jaringan fiber optik (FO) dengan kemampuan transfer data tinggi berkecepatan 1 Tbps. Dengan infrastruktur ini, masyarakat Nongsa dapat menikmati internet supercepat.

Soal aksesibilitas, Nongsa juga dekat dengan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, selain Pelabuhan Nongsapura. Bandara ini menghubungkan Nongsa dengan kota-kota besar di Indonesia dan negara tetangga.

Keunggulan lain terkait infrastruktur adalah Apple Developer Academy—akademi ketiga Apple di dunia yang dikembangkan bersama dengan Infinite Studios melalui divisi Infinite Learning.

Lewat akademi tersebut, Infinite Learning menyediakan kursus-kursus yang berfokus pada ekonomi digital.

Selain itu, NDP juga memiliki Data Center Hub yang merupakan kluster dengan ekosistem data center terbesar di kawasan ini.

3. Punya destinasi wisata

Meski tenar sebagai kawasan digital, Nongsa tak melulu berisi gedung perkantoran. Selain kawasan khusus industri, Nongsa juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang memanjakan mata.

Salah satu destinasi tersebut adalah Pantai Nongsa. Pantai ini merupakan yang terindah di Batam karena memiliki pemandangan lautan biru dan punya panorama bawah laut yang elok.

Selain Pantai Nongsa, ada juga destinasi wisata lain yang tak kalah indah, yakni Kebun Raya Batam atau Batam Botanic Garden. Obyek wisata ini dipenuhi oleh beragam jenis flora yang dapat memikat hati pengunjung.

Berkat keragaman itu, Kebun Raya Batam tidak sekadar menjadi tempat wisata, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi para pengunjung.

4. Potensi okupansi tinggi

Sebagai daerah dengan dua KEK, bandara internasional, pelabuhan feri, dan sejumlah destinasi wisata, Nongsa berpotensi memiliki tingkat okupansi hunian yang tinggi.

Pada libur akhir tahun 2022, misalnya, tingkat okupansi hotel di Batam hampir mencapai 100 persen.
Badan Pusat Statistik (BPS) Batam mencatat, jumlah wisatawan ke Batam mencapai 98.268 kunjungan pada Maret 2023. Angka ini meningkat 32,45 persen jika dibandingkan Februari 2023 yang sebanyak 74.193 kunjungan.

Tingkat okupansi tersebut diprediksi mengalami peningkatan seiring kemajuan KEK NDP dan BAT.

Itulah empat keunggulan Nongsa yang dapat menjadi pertimbangan untuk berinvestasi properti di kawasan tersebut.

Investasi di Nuvasa Bay

Fasilitas lapangan golf di Nuvasa Bay yang merupakan kawasan kota mandiri terbesar di Batam yang berada di area seluas 228 ha. Dok. Sinar Mas Land Fasilitas lapangan golf di Nuvasa Bay yang merupakan kawasan kota mandiri terbesar di Batam yang berada di area seluas 228 ha.

Anda yang tertarik berinvestasi properti bisa membeli unit properti yang ada di Nuvasa Bay dari Sinar Mas Land.

Nuvasa Bay merupakan kawasan kota mandiri terbesar di Batam yang berada di area seluas 228 ha. Kawasan ini terdiri dari residensial, apartemen, komersial, kantor, dan resor.

Selain fasilitas unggulan, Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Nongsa dari apartemen. Anda juga dapat menikmati pemandangan hutan bakau dan pemandangan megah dari lapangan Palm Springs Golf yang ada di Nuvasa Bay.

Baca juga: Nuvasa Bay, Ambisi Sinarmas Land Taklukkan Batam

Dari segi aksesibilitas, Nuvasa Bay juga berada di lokasi strategis karena dekat dengan Pelabuhan Nongsa. Melalui pelabuhan tersebut, Anda dapat menyeberang ke Singapura hanya dalam waktu kurang dari 1 jam dengan menggunakan kapal feri.

Adapun salah satu unit unggulan yang ada di apartemen tersebut adalah The Nove yang merupakan kluster residensial pertama di Nuvasa Bay dan terdiri dari tiga menara apartemen dan landed house. Terkait fasilitas, apartemen The Nove didukung fasilitas gimnasium, infinity pool, dan fasilitas pendukung lain.

Jika membeli unit yang ada pada The Nove, Anda dapat menjadikan unit tersebut sebagai hunian saat sedang berwisata di sekitar Batam ataupun Singapura.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menyewakan unit tersebut pada turus asing ataupun domestik yang tengah berlibur di Batam. Anda juga bisa menyewakannya pada sejumlah pekerja yang ada di kawasan NDP.

Oleh karena itu, The Nove bisa jadi salah satu media bagi Anda yang ingin berinvestasi di sektor properti.

Selain The Nove, produk lain yang siap huni adalah apartemen Kaina Tower dan Kalani Tower.

Sebagai informasi, saat ini, Sinar Mas Land menawarkan promo dengan menghadirkan program Smart Move yang berlangsung dari Juni hingga September 2023. Promo tersebut berlaku untuk setiap pembelian produk properti dari Sinar Mas Land.

klaster perumahan yang ada di Nuvasa Bay.Dok. Sinar Mas Land klaster perumahan yang ada di Nuvasa Bay.

Pada promo Smart Move, Anda akan mendapatkan bantuan pembayaran untuk transaksi down payment (DP) saat hendak membeli properti. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan lain berupa subsidi bunga sebesar 5 persen.

Sinar Mas Land juga akan memberikan keuntungan tambahan bagi pelanggan yang ingin membeli unit properti di Kalani Tower melalui program Smart Move Spesial Apartemen.

Keuntungan tersebut berupa tambahan diskon sebesar 1,5 persen dan subsidi biaya akad bagi yang hendak merencanakan resepsi pernikahan.

Sebagai catatan, semua keuntungan tersebut bisa didapatkan jika Anda melakukan pembayaran melalui bank yang bekerja sama dengan Sinar Mas Land.

Bank tersebut terdiri dari Bank Mandiri, CIMB Niaga, BCA, BNI, UOB, dan Bank Panin.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera investasikan dana Anda melalui produk hunian yang ada di Nuvasa Bay dari Sinar Mas Land. Untuk informasi lebih lengkap terkait program Smart Move, Anda dapat mengunjungi laman Sinar Mas Land dan e-Catalog atau hubungi nomor telepon 0811 7008 238.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com