Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Caplok Saham Hotel Mandarin Oriental Rp 1,28 Triliun

Kompas.com - 07/07/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk atau ASII melalui anak usahanya PT Astra Land Indonesia atau ALI mengakuisisi saham pengelola PT Jaya Mandiri Agung atau JMA sebesar 85 juta dollar AS atau setara Rp 1,28 triliun.

Melansir dari laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), ALI mengakuisisi 96,923 persen dari seluruh modal yang kemudian disetor ke JMA yang dimiliki Mandarin Oriental Holdings B.V. (MOH) sebesar 49,77 juta dollar AS.

ALI pun juga mengakuisisi piutang sehubungan dengan pinjaman yang diberikan oleh Mandarin Oriental Hotel Group Limited (MOHGL) kepada JMA sebesar 35,23 juta dollar AS.

Baca juga: Astra Tol Cipali Pasang Sejumlah Alat untuk Keamanan Pengendara

Diketahui, akuisisi tersebut merupakan bagian dari strategi pengembangan bisnis yang dilakukan oleh ALI.

"Transaksi ini dilakukan karena aset properti JMA berada di lokasi yang strategis, yakni Bundaran HI, Jakarta sehingga menjadi peluang yang menarik bagi pengembangan bisnis,” tulis manajemen ASII.

Tak hanya itu, pengembangan bisnis ALI ini dapat memberikan nilai tambah bagi Astra International sebagai pemegang saham tidak langsung dari ALI.

Adapun sebelum transaksi terjadi, Mandarin Oriental Holdings B.V. (MOH) yang terdiri dari 7.900 saham Seri A, 5.583 saham Seri B, 3.950 saham Seri C dan 55.560 saham Seri D.

Kemudian pemegang saham lainnya yang tidak terafiliasi adalah sebanyak 3,07% saham atau sebanyak 2.317 saham Seri B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com