Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Ini Alasan Tidak Ada Guling di Kamar Hotel

Kompas.com - 05/07/2023, 11:32 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenapa tidak ada guling di hotel? Pertanyaan itu mungkin pernah terlintas di benak Anda ketika berada di kamar hotel.

Pasalnya, pengunjung hotel kerap kali hanya dapat menemukan bantal dan selimut di kamar hotel. Sementera untuk guling tidak tersedia.

Sementara, kebiasaan tidur sebagian masyarakat Indonesia juga lekat dengan guling. Bahkan terdapat pula yang harus memakai guling agar tidurnya nyenyak.

Bambang Eka Jaya, Praktisi Properti dari Asosiasi Pengembang Real Estat Indonesia (REI) menyampaikan, sebenarnya guling tidak masuk dalam standar internasional.

"Jadi hanya kebiasaan kelengkapan tidur bagi warga kita (Indonesia), tapi untuk hotel berbintang itu bukan kelengkapan yang diwajibkan," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (05/07/2023).

Baca juga: Simak, 10 City Hotel Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Selain itu, keberadaan guling di hotel dinilai kurang higienis daripada bantal. Maksudnya, lebih rentan kotor mengingat cara memakainya yang dipeluk.

"Karena guling secara higienis, setelah dipakai terkadang maaf mungkin terkena air liur dan lain-lain," tandasnya.

Kendati begitu, menurut Bambang, hampir semua hotel di Indonesia sebetulnya menyediakan guling. Namun baru akan diberikan apabila ada permintaan dari pengunjung.

Hal itu dilakukan karena guling telah menjadi bagian dari kebutuhan istirahat bagi sebagian masyarakat Indonesia.

"Saya mengalami, praktis semua hotel jika kita minta pasti disediakan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com