Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Tol Cipali Pasang Sejumlah Alat untuk Keamanan Pengendara

Kompas.com - 27/05/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga atau Astra Tol Cipali memasang sejumlah alat pengaman di sepanjang Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Tepatnya, fasilitas keselamatan tersebut dipasang mulai dari Km 72 Cikopo hingga Km 188 Palimanan.

Alat-alat yang dipasang, antara lain 15 unit lampu flip flop, 17 lampu hias keselamatan, 100 lampu selang yang terpasang di tiang CCTV, pemasangan rumble dot di blackspot dan rambu speed reducer di 12 lokasi.

Sejak tahun 2021, Astra Tol Cipali telah menyelesaikan pemasangan sling baja yang dapat menahan beban kendaraan sampai dengan 80 ton yang terpasang sepanjang 109 kilometer dan guadrail sepanjang 129 kilometer.

Keseriusan peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan juga ditunjukan dengan pelebaran lajur ke-3 mulai dari Km 72-85 Ruas Tol Cipali.

Kemudian pelebaran lajur ke-3 di rest area Km 86 arah Jakarta dan Cirebon, Km 102 arah Cirebon, Km 101 arah Jakarta dan Km 130 arah Jakarta dan Cirebon.

Lokasi pelebaran yang dimulai pada tahun 2023 ini dilakukan di lokasi prioritas berdasarkan kajian studi trafik dan kondisi lalu lintas di Tol Cipali yang sudah disetujui oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Astra Tol Cipali juga memiliki petugas armada layanan lalu lintas yang terdiri dari 5 unit ambulans, 12 unit derek, 12 unit patroli, 2 unit rescue dan 2 unit patroli jalan raya (PJR) yang siap membantu pengguna jalan di Ruas Tol Cipali.

Baca juga: Proyek Tol Bocimi Diambil Alih Hutama Karya, Ini Tanggapan Waskita

Untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini di Tol Cipali, pengguna jalan memantau melalui variable message sign (VMS) yang tersebar di sepanjang Tol Cipali atau melalui media sosial Instagram dan twitter @astratolcipali.

Pengguna jalan juga dapat mengakses langsung kondisi lalu lintas CCTV di Ruas Tol Astra Infra melalui aplikasi MyInfoTol yang dapat di unduh di aplikasi Playstore berbasis android.

"Astra Tol Cipali juga selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian terkait keamanan di Ruas Tol Cipali," jelas Direktur Operasional Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com