Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSDE Tercatat sebagai Pengembang dengan Kas Terbesar di Indonesia, Tembus Rp 10,76 Triliun

Kompas.com - 27/06/2023, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) tercatat sebagai emiten properti atau pengembang dengan posisi kas dan setara kas terbesar se-Indonesia, tembus Rp 10,76 triliun.

Apa yang menjadikan pengembang yang dirintis Eka Tjipta Widjaya ini dapat mencapai posisi puncak tersebut?

Tak lain dan tak bukan adalah solidnya pencapaian kinerja yang berdampak pada pertumbuhan aset. Posisi kas dan setara kas tumbuh 10,59 persen sejak Desember 2022 menjadi Rp 10,76 triliun.

Kenaikan juga terjadi pada nilai total aset sebesar 4,63 persen menjadi Rp 68,01 triliun dibandingkan pencapaian tahun lalu Rp 65 triliun.

Di sisi lain, BSDE memiliki keunggulan dalam hal persediaan yang penting untuk menjaga pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan.

Baca juga: BSDE Cetak Marketing Sales Rp 2,1 Triliun, Terbanyak dari Perumahan

Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) Hermawan Wijaya menuturkan Perseroan memiliki persediaan real estat (di luar hotel) senilai Rp 13,13 triliun dan cadangan lahan atau landbank seluas 3.847 hektar yang tersebar di lokasi-lokasi strategis.

"Ini merupakan modal bagi BSDE untuk melanjutkan pertumbuhan bisnis berkelanjutan di masa mendatang," kata Hermawan, dalam Keterbukaan Publik, Selasa (27/6/2023).

Hermawan juga optimistis, Perseroan dapat merealisasikan target pra-penjulan tahun 2023 ini yang ditetapkan  sebesar Rp 8,8 triliun. 

Keyakinan tersebut bersumber dari pencapaian kinerja Kuartal I-2023 dan kondisi fundamental BSDE yang solid.

Manajemen BSDE berkeyakinan target yang moderat dan konservatif tersebut telah mempertimbangkan dinamika industri.

Target tersebut diharapkan dikontribusikan dari penjualan residensial 65 persen dan penjualan komersial 17 persen, serta 18 persen dari potensi penjualan ventura bersama.

Baca juga: Fantastis, Pendapatan Usaha BSDE Tembus Rp 2,87 Triliun Selama 3 Bulan

Kontribusi terbesar pra-penjualan diproyeksikan bersumber dari BSD City, sebagai proyek terbesar Perusahaan, dengan porsi 58 persen dari total pra-penjualan.

Sementara 42 persen dari Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata, Taman Banjar Wijaya, Grand City Balikpapan, Apartment Southgate TB Simatupang, The Elements, Apartment Aerium dan Klaska Residence.

Atas target tersebut, BSDE meyakini produk-produk yang ditawarkan sangat diminati para konsumen. Baik itu residensial maupun komersial. Industri properti dipercaya tetap tumbuh, terutama untuk daerah-daerah satelit Jakarta.

Terutama yang ditopang oleh akses yang mumpuni baik untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan angkutan tranportasi publik, seperti yang dimiliki oleh BSD City dengan sejumlah akses tol, jalan penghubung provinsi, hingga akses kereta dan angkutan umum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com