Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2023, 10:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masdar, perusahaan energi bersih yang berbasis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), tertarik untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dikutip dari laman resmi IKN, ketertarikan tersebut disampaikan oleh perusahaan Masdar seusai mengunjungi kawasan pembangunan IKN.

"Alhamdulillah kami mendapatkan satu letter of intent (LoI) dari Masdar salah satu perusahaan yang bergerak di bidang renewable energy," ujar Direktur Pendanaan, Kedeputian Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN (OIKN), Insyafiah, pada Rabu (14/06/2023).

Masdar merupakan perusahaan yang berfokus pada pengembangan, investasi, dan operasi proyek-proyek energi terbarukan.

Mereka mengembangkan teknologi-teknologi energi masa depan seperti energi surya, energi angin, energi air, dan energi limbang, untuk menghasilkan energi bersih dan berkelanjutan.

Hal itu sesuai dengan visi IKN menjadi kota berkelanjutan di dunia melalui pengelolaan sumber daya bersih, untuk mewujudkan target net zero emission di IKN pada tahun 2045.

Baca juga: IKN Bakal Punya TPST, Mulai Dibangun pada Agustus 2023

Director of Development Masdar, Dony Suryaman menambahkan, pihaknya tertarik melanjutkan LoI yang telah disampaikan ke tahap selanjutnya.

"Sebagai bentuk komitmen Masdar untuk mengembangkan energi bersih di Indonesia, Masdar berminat untuk berkontribusi dalam pengembangan energi bersih di IKN dalam skema bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak," terangnya.

Ia melanjutkan, Masdar memiliki ambisi yang besar dalam pengembangan renewable energy. Pada tahun 2030 Masdar menargetkan untuk memiliki Portfolio 100 GW RE di Indonesia.

Masdar telah berinvestasi di Cirata 145 ME FPV project, Pertamina Geothermal Energi untuk pengembangan Geothermal dan Masdar Mitra Solar Radiance untuk pengembangan RE di C&I market.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com