Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemda Indramayu Usul Pembangunan Pengaman Pantai, Ini Lokasinya

Kompas.com - 13/06/2023, 17:34 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indramayu mengusulkan sejumlah pembangunan infrastruktur pengaman pantai kepada Kementerian PUPR.

Hal itu tersaji ketika Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI bersama Kementerian PUPR di Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (12/06/2023).

Kementerian PUPR juga telah menerima usulan Pemda Kabupaten Indramayu terkait rencana pembangunan pengaman pantai untuk program tahun 2024.

Usulan tersebut yaitu, pembangunan pengaman pantai Desa Lombang sepanjang 800 meter, pengaman Pantai Karangsong, dan penataan Sungai Prajagumiwang.

Baca juga: Cegah Abrasi, Bakal Dibangun Pengaman Pantai Tondowilio dan Konaweha di Sultra

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air, Bob Arthur Lombogia menyampaikan, pada tahun 2021-2022 telah dibangun pengaman pantai dan pemecah ombak pada enam zona wilayah di Kabupaten Indramayu.

Meliputi, pengaman Pantai Dadap Kecamatan Jatinyuat, pengaman Pantai Limbangan, pemecah ombak Blok Dermaga Desa Dadap.

Kemudian pembangunan pengaman Pantai Dadap Blok Timur Desa Dadap Tahap II, pemecah ombak di Krangkeng, dan Groin Pantai Glayem.

"Selain (melindungi) rumah warga (dari abrasi), infrastruktur pengaman pantai ini bertujuan untuk melindungi jalan dan perahu nelayan yang terancam akibat rob," jelas Bob Arthur Lombogia dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI selaku Ketua Tim, Roberth Rouw mengatakan, Indramayu memiliki wilayah pesisir pantai yang sangat panjang, mencapai 147 km.

Ada yang menjorok maju dan ada yang masuk ke dalam karena abrasi.

"Harapannya tentu dengan dibangunnya breakwater akan memberikan manfaat menanggulangi gelombang tinggi yang mengakibatkan abrasi, di satu sisi lain menjadi destinasi wisata," imbuhnya.

Baca juga: Pengaman Pantai di KEK Tanjung Lesung Dilengkapi Jogging Track

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, abrasi yang terjadi di pesisir Indramayu, termasuk wilayah Karangsong, sangat tinggi.

Dua tahun lalu, sambung Nina, kondisinya sudah parah. Namun kini bencana abrasi itu sudah semakin parah.

"Pengaman pantai dan pemecah ombak ini penting sekali, Alhamdulillah dengan sinergi yang ada mudah-mudahan semua bisa teralisasikan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com