Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perusahaan Jepang Komitmen Ikut Bangun IKN

Kompas.com - 22/05/2023, 19:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat 5 perusahaan Jepang yang telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk ikut membangun ibu kota baru tersebut.

Kelima perusahaan ini meliputi Japan International Cooperation Agency (JICA), Japan Bank for International Cooperation (JBIC), Japan International Association for the Industry of Building and Housing (JIBH), Japan Conference on Overseas Development of Eco-Cities (JCODE), dan Urban Renaissance Agency (UR).

Penandatanganan MoU dilaksanakan di sela-sela rangkaian agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang digelar di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, pada Minggu (21/05/2023).

Selain penandatanganan MoU dengan 5 perusahaan, juga dilakukan penyerahan 24 Letter of Intent (LoI) oleh perusahaan Jepang kepada OIKN dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menyampaikan, sekarang adalah saat yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia khususnya IKN, melihat kondisi ekonomi Indonesia yang diperkirakan International Monetary Fund (IMF) akan tumbuh 5,1 persen pada tahun 2023 dan 5 persen pada tahun 2024.

Pembangunan IKN yang berbasis alam serta mengutamakan transportasi publik dan penggunaan sumber energi baru terbarukan dapat memberikan banyak kesempatan untuk berinvestasi.

Senada dengan Presiden, Kepala OIKN, Bambang Susantono menyampaikan bahwa Nusantara memiliki peluang investasi terbaik yang ada di Indonesia saat ini.

Hal tersebut tercermin dari berbagai insentif yang disediakan pemerintah untuk para investor, sebagaimana tertera dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di IKN.

Baca juga: Kata Luhut, Kejelasan Tanah Jadi Poin Penting Pembangunan IKN

Nusantara juga merupakan laboratorium hidup yang memungkinkan para mitra untuk bereksperimen dengan ide-ide dan inovasi baru.

"Kami menyambut baik berbagai jenis teknologi baru untuk diterapkan di kota kami. Dengan demikian para mitra kami memiliki kesempatan untuk menjadikan Nusantara sebagai tempat bereksperimen dalam menyalurkan ide dan inovasi," kata Bambang dalam keterangan resminya.

Terkait hal ini, Executive Senior Vice President JICA, Yamada Junichi menyampaikan bahwa pihaknya akan memberi dukungan investasi di Indonesia terutama di IKN.

"Investor-investor yang bernaung di bawah JICA siap mendukung investasi di Indonesia khususnya di IKN dalam bidang infrastruktur seperti revitalisasi Bandara Balikpapan dan juga sektor energi khususnya Power Supply Facilities," ungkap Yamada Junichi.

Terlaksananya kesepakatan ini merupakan satu rangkaian kegiatan dengan agenda-agenda sebelumnya, seperti market sounding Pemerintah Indonesia di Jepang pada Februari 2023 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com