Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari-Maret, 74,83 Persen Masyarakat Beli Rumah Pakai KPR

Kompas.com - 18/05/2023, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) masih menjadi instrumen pembiayaan utama bagi masyarakat saat membeli rumah.

Terbukti berdasarkan hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) pada Triwulan I-2023.

Untuk diketahui, SHPR merupakan survei triwulanan yang dilakukan terhadap sampel responden dari pengembang proyek perumahan (developer) di 18 kota.

Meliputi Jabodebek dan Banten, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Manado, Makasar, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Bandar Lampung, Palembang, Padang, Medan, Batam, Balikpapan, Samarinda, dan Pekanbaru.

Baca juga: Dalam Setahun, 21 Pengembang Properti Indonesia Berhasil Salurkan KPR Rp 100 Miliar

Merujuk survei tersebut, KPR masih menjadi pilihan konsumen dalam melakukan pembelian rumah primer dengan pangsa sebesar 74,83% dari total pembiayaan.

Baru kemudian diikuti skema pembiyaan tunai bertahap sebanyak 17,90%, dan secara tunai 7,27%.

Pertumbuhan total nilai kredit KPR dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) secara tahunan tercatat sebesar 7,25% (yoy) pada Triwulan I-2023, sedikit menurun dibanding pada triwulan sebelumnya yakni 7,79% (yoy).

Sementara secara triwulanan, penyaluran KPR dan KPA tercatat sebesar 1,68% (qtq), melambat dibandingkan Triwulan IV-2022 yang tumbuh 2,77% (qtq).

Kemudian, pencairan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada Triwulan I-2023 tercatat sebesar Rp 5,169 triliun atau tumbuh 1,71% (yoy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com