Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Suntikan Rp 1,48 Triliun, Proyek Infrastruktur Terapkan Sistem Syariah

Kompas.com - 16/05/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI dan Islamic Development Bank (IsDB) menandatangani dokumen komitmen persetujuan pemberian Line of Financing Facility (LoF)sebesar 100 juta dollar AS atau setara Rp 1,48 triliun.

LoF ini akan memberikan dukungan akses terhadap sumber pendanaan alternatif kepada SMI untuk pembangunan nasional sekaligus mendukung ekosistem pembiayaan syariah di Indonesia.

Bersama–sama, SMI dan IsDB akan mengkatalisasi pembangunan infrastruktur di Indonesia melalui instrumen pendanaan berbasis syariah.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad dan Vice President Operations IsDB Mansur Muhtar dalam rangkaian IsDB Annual Meeting ke-48 10 Mei 2023-13 Mei 2023.

Baca juga: Anak Buah Sri Mulyani Ditunjuk Jadi Komisaris Utama SMI

Kerja sama yang disaksikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Presiden IsDB, Muhammad Al-Jasser ini dilaksanakan di Jeddah, Arab Saudi.

Selain itu, penandatanganan LoF ini juga merupakan bentuk tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara SMI dan IsDB pada Presidensi G20 Indonesia 2022.

Edwin menyatakan, kerja sama dengan IsDB telah terjalin cukup lama, khususnya dalam meningkatkan inklusifitas keuangan syariah terhadap pembangunan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia.

 

Melalui ekosistem pembiayaan syariah yang akan terus dikembangkan bersama IsDB, SMI berharap dapat menarik sumber pendanaan syariah lainnya untuk bersama-sama mendukung agenda pembangunan prioritas nasional.

"Sehingga, multiplier effect yang terbentuk akan besar dan memberikan dampak positif bagi akselerasi pembangunan di Indonesia," ucap Edwin dalam rilis, Selasa (16/5/2023).

Dalam kerangka LoF tersebut, kerja sama yang akan ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak berupa potensi pembiayaan dengan tema Transisi Energi dan Energi Terbarukan melalui penyediaan fasilitas pembiayaan dengan skema blended financing dan peningkatan kapasitas.

Salah satunya melalui Energy Transition Mechanism Country Platform, dimana SMI ditunjuk oleh Kemenkeu sebagai Country Platform Manager pada Presidensi G20 Indonesia 2022 yang lalu.

Selain itu, IsDB juga dapat secara bersama-sama dengan SMI melakukan co-financing terhadap proyek infrastruktur, baik yang dikembangkan oleh badan usaha maupun pemerintah daerah.

Tak lupa pengembangan produk pembiayaan dan usaha syraiah yang ada di SMI untuk meningkatkan ekosistem pembiayaan syariah, khususnya terhadap pembangunan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com