Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebut Infrastruktur Kelistrikan IKN, Pemkot Balikpapan Terbitkan Penlok SUTT Kariangau

Kompas.com - 16/05/2023, 05:00 WIB
Ahmad Riyadi,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut pemerintah. Saat ini sejumlah bangunan fisik pun mulai terlihat seperti Kantor Kementerian dan Rumah Jabatan serta apartemen pekerja.

Tidak hanya pembangunan fisik, sumber energi pun terus dikejar guna menunjang kebutuhan listrik di IKN.

Terkait hal ini, PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim) terus berupaya merealisassikan pembangunan SUTT 150 kV Kariangau-GIS 4 IKN.

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mendukung penuh infrastruktur kelistrikan ini dengan menerbitkan Penetapan Lokasi (Penlok)

Baca juga: Otorita IKN Gaet UI untuk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Sebelumnya, secara paralel PLN UIP KLT juga melaksanakan sosialisasi rencana pembangunan dan Konsultasi Publik yang berlangsung Kamis (11/5/2023), di Balikpapan.

Asisten Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan Zulkifli memastikan, Pemkot Balikpapan akan mendukung setiap pembangunan yang dilaksanakan untuk menunjang IKN. 

“Terutama untuk penyediaan energi dengan sistem kelistrikan yang andal,” ujarnya.

General Manager PLN UIP KLT Josua Simanungkalit mengaku telah berupaya mengikuti arahan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi dan daerah guna memastikan pelaksanaan proyek pembangunan berjalan baik dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Dia memastikan seluruh tahapan dilaksanakan dengan sepengetahuan dan persetujuan dari Pemerintah, karena proyek SUTT 150 kV Kariangau-GIS 4 IKN ini cukup krusial dengan target operasi Mei 2024.

"Beberapa waktu sebelumnya, PLN UIP KLT memaparkan progres pembangunan SUTT 150kV Kariangau-GIS 4 IKN kepada Kejaksaan Agung bersamaan saat melakukan kunjungan kerja,” jelas Josua, Senin (15/5/2023).

Ia juga menambahkan dengan ditandatanganinya Penlok, baik di wilayah Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), transmisi yang membentang sepanjang 57 kilometer sirkit (kms) dari Kota Balikpapan hingga Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ini akan dikebut pelaksanaannya demi dapat mencapai target operasi.

“Kami berharap proyek yang menunjang IKN ini dapat diselesaikan dengan maksimal,” pungkas Josua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com