Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi: Perbaikan Jalan Rusak di Lampung Harus Secepatnya!

Kompas.com - 05/05/2023, 16:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar jalan rusak yang ada di Provinsi Lampung harus diperbaiki secepatnya.

Hal tersebut ia sampaikan saat melakukan kunjungan ke Pasar Natar, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023).

“Secepatnya-cepatnya dimulai (perbaikan jalan) yang rusak,” ungkap Presiden Jokowi menanggapi pertanyaan salah satu wartawan soal perbaikan jalan di Lampung yang rusak parah, seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Drama Jalan Rusak di Lampung, Mendadak Diperbaiki demi Jokowi meski Tak Ada Perintah Pekerjaan

Menurut Presiden, bila Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten tidak memiliki kemampuan, maka akan diambil alih oleh Kementerian PUPR.

“Jika provinsi tidak memiliki kemampuan kemudian kabupaten juga tidak punya kemampuan, akan diambil alih Kementerian PUPR, utamanya bila jalan rusak parah,” tegas Presiden.

Ia menambahkan, keberadaan infrastruktur jalan sangat krusial karena akan menjadi kunci besarnya biaya logistik.

“Infrastruktur jalan sangat penting dalam rangka menurunkan biaya logistik itu akan berpengaruh pada harga-harga di pasar ini,” jelasnya.

Keluhan Masyarakat Lokal

Presiden Joko Widodo melintasi jalanan rusak dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungan ini Jokowi menyatakan jika pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan yang rusak maka akan ditarik ke pusat.Istimewa/Agus Suparto Presiden Joko Widodo melintasi jalanan rusak dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungan ini Jokowi menyatakan jika pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan yang rusak maka akan ditarik ke pusat.

Usai mengunjungi Pasar Natar, Jokowi kemudian bertolak menggunakan mobil Kepresidenan untuk mengecek secara langsung kondisi fisik jalan yang rusak di Lampung Selatan.

Berdasarkan informasi dari Fotografer resmi Presiden, Agus Suparto, bahwa jalanan yang dilintasi Jokowi itu adalah Jl Terusan Ryacudu, Marga Agung, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Salah satu warga Lampung Selatan, Mei mengatakan jalan yang dilalui Presiden dan rombongan memang sudah rusak parah.

Baca juga: Membandingkan Kondisi Jalan di Lampung dan Papua

“Jalannya parah banget, bergelombang, aduh hancur banget. Kalau jalannya kaya gini, gimana daerah disini mau berkembang, mau maju?,” ungkap Mei.

Sementara itu, warga lainnya, Yati, berharap jalan tersebut bisa segera diperbaiki agar nyaman digunakan.

“Jalannya parah bener. Saya tiap hari lewat sini jemput anak sekolah. Kalau hujan, gak bisa buru-buru banyak benar kubangan kaya kini. Moga-moga jalan di Lampung yang jelek cepat diperbaiki biar kita bisa enak jalannya,” tegas Yati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com