Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Singapura Minat Bangun Sistem Transportasi "Marine Craft" di Batam

Kompas.com - 05/05/2023, 15:30 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Badan Pengusahaan (BP) Batam kembali menerima kunjungan Wigetworks Pte Ltd, calon investor asal Singapura, Jumat (5/5/2023).

Berlangsung di Gedung Marketing BP Batam, Batam, Kepulauan Riau, pertemuan lanjutan ini untuk membahas rencana investasi Wigetworks Pte Ltd terkait pengembangan teknologi transportasi.

Dalam perencanaan ke depan, perusahaan ini tertarik mengembangkan sistem transportasi marine craft dan bakal menggandeng Singapore Technologies (ST) Engineering.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait menyambut baik rencana investasi ini demi peningkatan realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) ke depan.

Tuty turut mendampingi perusahaan hingga ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia agar rencana investasi tersebut dapat terwujud.

Baca juga: Batam Bakal Bangun LRT, Lelang Proyek Ditargetkan Akhir 2023

“Mereka sudah pernah bertemu BP Batam sekitar lima tahun lalu untuk penjajakan investasi sistem transportasi marine craft atau kapal terbang. Tapi karena pandemi Covid-19, sempat tertunda progres yang ada dan sekarang kami kembali membahasnya,” kata Tuty usai pertemuan.

Ia mengatakan, rencana Wigetworks Pte Ltd untuk berinvestasi di Batam pun mendapat dukungan penuh dari Singapore Economic Development Boards dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura.

“Pada intinya, mereka ingin tetap berinvestasi di Kota Batam dan akan melakukan pemutakhiran data, perizinan, dan lokasi terlebih dulu,” beber Tuty lagi.

Dalam pertemuan tersebut, Tuty juga menyampaikan harapan dari Kepala BP Batam Muhammad Rudi, agar investasi yang akan berlangsung dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian Batam.

Mengingat, ekonomi Batam tumbuh signifikan pada tahun 2022 lalu dengan capaian 6,84 persen atau hampir 7 persen.

“BP Batam terus berupaya untuk meningkatkan realisasi investasi PMA. Kita harapkan dapat mendongkrak perekonomian Kota Batam,” pungkas Tuty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com