Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagikan Sertifikat di Lamongan, Hadi Tjahjanto Bawa Pesan Presiden

Kompas.com - 05/05/2023, 09:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto membagikan sertifikat tanah ketika melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Penyerahan ini dilakukan Hadi dengan mendatangi rumah pemilik sertifikat di Desa Kedali, Kecamatan Pucuk, Lamongan, Kamis (4/5/2023).

"Di Kecamatan Pucuk, Lamongan, ini ada sebanyak 15 sertifikat (yang diserahkan). 14 di antaranya sertifikat lahan sawah dan satu sertifikat pekarangan," ujar Hadi.

Hadi berharap masyarakat dapat memanfaatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk  mengurus sertifikat tanah miliknya, termasuk area persawahan. Hadi juga menyarankan warga, agar sawah yang disertifikatkan tidak dilakukan alih fungsi.

Baca juga: Warga Karawang Diajak Urus Sertifikat Tanah Sendiri, Ini Keuntungannya

"Apabila sawah disertifikatkan, maka bisa mendongkrak perekonomian pemiliknya. Karena bisa untuk hak tanggungan dan untuk usaha-usaha tentunya yang produktif," kata Hadi.

"Paling penting apabila sawah sudah disertifikatkan oleh pemiliknya, maka tidak akan ada lagi mafia yang mencaplok, karena semua terdata di Pusdatin," lanjut Hadi.

Selain sertifikat tanah milik perorangan, Hadi juga menyerahkan sertifikat tanah wakaf beberapa tempat ibadah.

Dia berharap, Lamongan segera menjadi kabupaten lengkap karena semua tanah telah bersertifikat, tertata dan mudah melakukan monitor tanah yang belum tersertifikat.

"Saya juga mengingatkan Bapak Bupati, segera menyelesaikan program Rencana Bentuk Tata Ruang (RBTR). Karena Bapak Presiden menyampaikan bahwa investasi adalah kunci. Investor akan masuk apabila mengurus izin usaha itu lancar, dengan di atasnya itu RBTR. Saya sudah diperintah Bapak Presiden, untuk menyelesaikan RBTR sebelum 2024 selesai," tutur Hadi.

Salah seorang penerima sertifikat, Suharnanik mengaku terharu sekaligus bahagia lantaran telah menerima sertifikat tanah miliknya yang telah didambakan. Terlebih, penyerahan sertifikat tersebut dilakukan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menjelaskan, untuk tahun ini ada sebanyak 88.665 sertifikat tanah di Lamongan yang ditargetkan dapat tuntas sebelum akhir 2023.

"Jumlah yang ditargetkan akan terus diupayakan. Namun semua itu juga harus dibarengi dengan edukasi kepada masyarakat, tentang pentingnya tertib dokumen tanah," kata Yuhronur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com