Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Teman Perjalanan, Berikut "Landmark" di Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 28/04/2023, 15:15 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang akan tersambung dari Provinsi Lampung hingga Aceh kini telah beroperasi sepanjang 738,46 km dan terdiri dari 12 ruas.

Mengutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), 12 ruas JTTS tersebut meliputi, Bakauheni-Terbanggi Besar (140,41 km), Terbanggi Besar-Kayu Agung (189,40 km), Kayu Agung-Palembang-Betung (37,62 km), Belawan-Medan-Tanjung Morawa (42,70 km).

Lalu, Medan-Binjai (17,67 km), Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (62,11 km), Palembang-Indralaya (21,58 km), Sigli-Banda Aceh (35,87 km), Pekanbaru-Dumai (131,69 km), Binjai-Stabat (11,80 km), Bengkulu-Taba Penanjung (16,73 km), dan Pekanbaru-Bangkinang (30,89 km).

Masing-masing ruas jalan tol tersebut memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi ikon dan teman perjalanan.

Baca juga: Jadi Teman Mudik, Ketahui Sederet Landmark di Tol Trans-Jawa

Mulai dari jalan tol-nya, bangunan pendukung, jembatan penghubung, hingga rest area. Berikut sederet landmark di JTSS:

Antrean mobil di area parkir dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Antrean mobil di area parkir dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.
1. Pelabuhan Bakauheni

Terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Bakauheni merupakan pelabuhan penyeberangan kapal yang vital sebagai pengangkut kendaraan dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera ataupun sebaliknya.

Menara Siger.KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Menara Siger.
2. Menara Siger

Setelah keluar dari Pelabuhan Bakauheni, pengendara bisa langsung melihat ikon Menara Siger bangunan berbentuk mahkota berwarna kuning keemasan merah yang menjadi salah satu ikon kota Lampung yang terletak di Bukit Gamping.

Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka).Dok. Hutama Karya Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka).
3. Jalan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung

Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 km merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tak hanya itu, jalan tol tersebut juga dibangun dengan masa konstruksi tersingkat yaitu 2,5 tahun atau 841 hari.

Rest Area KM 215 Tol Terpeka.Kompas.com/Fikria Hidayat Rest Area KM 215 Tol Terpeka.
4. Rest Area 215 Jalan Tol Terpeka

Rest area ini menjadi unik karena tenant nya didominasi oleh UMKM 80 persen. Sedangkan, 20 persen atau jumlahnya sebanyak 12 penyewa diisi oleh non-UMKM.

Presiden Joko Widodo berada di Jembatan Ogan saat meresmikan ruas tol Kayu Agung ? Palembang sepanjang 42,5 kilometer pada 26 Januari 2021 lalu.BPMI Setpres/Laily Rachev Presiden Joko Widodo berada di Jembatan Ogan saat meresmikan ruas tol Kayu Agung ? Palembang sepanjang 42,5 kilometer pada 26 Januari 2021 lalu.
5. Jembatan Ogan

Jembatan Ogan menjadi jembatan tol yang terpanjang di Indonesia dan merupakan titik penghubung yang sangat penting pada ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang menghubungkan Kota Palembang menuju Betung.

Jembatan Ogan dihiasi dengan Ornamen Songket Palembang di sepanjang parapetnya. Selain itu, disekitar jembatan juga dibangun Replika Candi Muara Takus yang melambangkan situs sejarah Kerajaan Sriwijaya.

Simpang Susun Tanjung Mulia di Jalan Tol Medan-Binjai.Dok.Hutama Karya Simpang Susun Tanjung Mulia di Jalan Tol Medan-Binjai.
6. Simpang Susun Tanjung Mulia

Simpang Susun (Interchange) Tanjung Mulia berada di Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia.

Bentuk jalanannya yang cukup rumit ini membuatnya tampak indah bila dilihat dari kejauhan atau bahkan dari udara.

Perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-DumaiLaily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden Perlintasan gajah di KM 12 ruas tol Pekanbaru-Dumai
7. Terowongan Gajah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Satu-satunya di Indonesia, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memiliki lima buah terowongan perlintasan gajah.

Fungsinya tidak hanya sebagai upaya melindungi habitat dan keselamatan gajah-gajah liar maupun satwa lainnya, juga berfungsi menjaga keselamatan pengguna jalan tol dari gajah yang melintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com