Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Padang-Sicincin, Satu-satunya Ruas JTTS Tahap I yang Tuntas Paling Akhir

Kompas.com - 12/12/2022, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hanya satu ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Tahap I yang selesai dibangun paling akhir atau pertengahan tahun 2024 yakni Tol Padang-Sicincin sepanjang 36 kilometer.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro mengatakan, secara keseluruhan, JTTS Tahap I sepanjang 1.040 kilometer akan dioperasikan pada akhir tahun 2023.

"Di akhir tahun 2023, dari 1.064 (kilometer), 1.040 (kilometer) sudah bisa beroperasi. (Tol) Padang-Sicincin saja yang 36 kilometer akan selesai di tahun 2024," ucap Koentjoro kepada Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 Kompas.com, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Begini Awal Mula Pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera

Dia menjelaskan, Hutama Karya sangat memperhatikan pendanaan. Karena, Pemerintah memberikan sepenuhnya melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) mendorong perseroan agar terus membangun JTTS.

Akan tetapi, PMN biasanya diterima pada pertengahan atau akhir tahun. Meski begitu, perseroan tetap berkomitmen melaksanakan pembangunan JTTS.

"Dengan melakukan bridging (menjembatani) pendanaan, kemudian yang kedua di masa Pandemi (Covid-19)," tambah Koentjoro.

Walaupun dalam masa Pandemi Covid-19, imbuh Koentjoro, perseroan tetap tak menghentikan pembangunan JTTS.

"Kita tidak berhenti, kita tetap menjalankan progres, melakukan pendanaan. Walaupun ada beberapa teman kita yang terkena (Covid-19) dan juga fatality (kematian). Saya menganggap mereka pahlawan-pahlawan pembangunan JTTS," kata dia.

Pembangunan JTTS merupakan penugasan Pemerintah kepada Hutama Karya sejak tahun 2014.

Penugasan ini diberikan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Selanjutnya, diubah melalui Perpres Nomor 117 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 100 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Kini, perseroan telah membangun JTTS sepanjang 1.066 kilometer. Rinciannya, ruas beroperasi secara penuh 547 kilometer.

Sementara yang masih konstruksi 519 kilometer. Adapun ruas JTTS yang beroperasi penuh yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140 kilometer.

Kemudian, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 kilometer, Tol Palembang-Indralaya (Palindra) 22 kilometer, dan Tol Medan-Binjai 17 kilometer.

Selanjutnya, Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2,3, dan 4 (Seulimeum-Jantho-Indrapuri-Blang Bintang) 36 kilometer, serta Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat 11,8 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com