Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur NTT Ingin Bangun Bandara di Pulau Adonara

Kompas.com - 28/04/2023, 13:19 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menginginkan pembangunan bandar udara (bandara) di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Menurut Viktor, kehadiran bandara di Pulau Adonara, sangat penting agar transportasi di kawasan Flores Timur, Kabupaten Lembata dan Kabupaten Alor, terlayani dengan baik.

"Ini kawasan yang luar biasa dengan alamnya eksotis, gunung yang indah, dan juga pantai dan laut yang luar biasa memikat. Maka kita perlu bangun bandara di sini untuk juga mengangkat pariwisata dan sektor lainnya di pulau Adonara ini," kata Viktor, saat berkunjung ke Pulau Adonara, Kamis (27/4/2023).

Baca juga: Selama Arus Mudik, Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Naik 25 Persen

"Kita ingin agar landasan runway bandara yang dibangun mencapai 3.000 meter sehingga bisa dilandasi pesawat wide body," sambung Viktor.

Jika bandara bisa dibangun di Adonara, akan mendukung pariwisata selain Labuan Bajo dan juga kabupaten lainnya di Pulau Flores.

Keberadaan bandara juga tentu akan berdampak positif pada peningkatan ekonomi daerah.

Viktor mengatakan, jika bandara disiapkan untuk mendukung pariwisata, masyarakat juga harus siap dengan desain kebersihan lingkungan dan juga memberikan pelatihan bahasa asing seperti Bahasa Inggris bagi anak-anak dan masyarakat.

"Hal ini penting untuk membantu memberikan pelayanan bagi pengunjung dari luar negeri yang datang," kata Viktor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com