Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilir Diajak Manfaatkan Jalur Arteri Malam Hari saat Balik Lebaran

Kompas.com - 25/04/2023, 11:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengajak pemilir (pemudik arus balik) untuk memanfaatkan jalur arteri yang kosong pada malam hari untuk perjalanan yang lancar.

"Jalan arteri terutama saat malam hari masyarakat lokal sudah beristirahat, jadi lancar itu tidak harus di jalan tol," tegas Firman dikutip dari Antara, Selasa (25/4/2023).

Firman juga mengatakan, Korlantas akan memanfaatkan jalur arteri untuk mengurangi beban jalan tol apabila rute tersebut mengalami kepadatan tinggi.

"Jika, ini saya katakan jika terjadi ternyata beban tol sangat tinggi kami akan mengeluarkan kendaraan dari jalan tol ke jalur arteri," ujarnya.

Baca juga: Agar Tak Terjebak Macet, Pemudik Diimbau Balik pada 26-28 April 2023

Pada dasarnya, kebijakan mengeluarkan kendaraan dari Tol Trans-Jawa jika terjadi kepadatan adalah demi kenyamanan para pemilir.

"Ini untuk membantu tidak terjadi stuck (berhenti) di jalan tol yang membuat masyarakat yang berada di dalam tol pasti tidak memperoleh layanan maksimal, toilet tidak ada, makanan juga mungkin kurang. Oleh karena itu bagi masyarakat, yang karena kondisi harus kita keluarkan dari jalan tol, untuk bisa mengerti," tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya telah menyebar personel ke empat jalur arteri utama untuk milir di Jawa Tengah (Jateng).

Empat rute mudik-milir via jalur arteri di wilayah Jateng yakni jalur Pantura, tengah, selatan, dan selatan-selatan.

"Di jalur-jalur arteri sudah kita siapkan petunjuk arah maupun pengawalan. Oleh karena itu, masyarakat kita yang balik tentu akan mengalami hal-hal yang sifatnya petunjuk arah yang kurang pas, silahkan hubungi petugas kita nanti akan dipandu," kata Luthfi.

Personel Polda Jateng yang berjaga diseluruh jalur tersebut juga siap memberikan bantuan bagi pemilir yang kendaraannya mengalami kendala di wilayah Jawa Tengah.

"Kalau ada kendaraan yang trouble (bermasalah), kita juga siap melayani masyarakat," tambah Luthfi.

Luthfi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu tergesa-gesa milir ke arah Jakarta dengan harapan menghindari kepadatan arus lalu lintas (lalin).

"Kita juga tidak usah terburu-buru, sebagaimana kebijakan Bapak Presiden durasi kita sangat panjang," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com