Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Rute Kupang-Timor Leste Telah Dioperasikan, Nih Fasilitas dan Tarifnya

Kompas.com - 31/03/2023, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang hendak menuju Timor Leste dari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), kini bisa memanfaatkan transportasi umum berupa bus.

Pasalnya, Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) Rute Kupang-Dili telah resmi beroperasi pada Kamis (30/03/2023).

Apalagi telah dilakukan pula Penandatanganan SOP MoU On Cross Border Movement by Commercial Buses and Coaches, oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Direktur Jenderal Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Constantino Ferreira Soares.

Mengutip informasi dari laman resmi Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, layanan ALBN ini beroperasi dengan menggunakan 5 unit bus dengan kapasitas 24 tempat duduk dari Operator Bus Indonesia, serta 5 unit bus dengan kapasitas 34 dari Operator Bus Timor Leste.

Adapun operator yang melayani dari Indonesia yaitu Perum Damri dan PO Bagong Transport, sementara dari Timor Leste yaitu Hamutuk Babadok Translog, LDA.

Baca juga: Menhub Buka Peluang Kerja Sama Transportasi dengan Singapura

Fasilitas yang terdapat dalam bus ini terbagi menjadi tiga antara lain, AC dan toilet; AC dan non-toilet; serta AC, toilet, dan WIFI.

Sementara itu, rute awal keberangkatan dari Terminal Bimoku Kota Kupang melintasi daerah Soe-Kefamenanu-Atambua-PLBN Motaain dan titik akhir tujuannya di Dili Timor Leste.

Khusus 30 Maret 2023 harga tiket digratiskan sebagai promosi awal oleh operator angkutan yang melayani.

Namun, mulai 31 Maret 2023 tarif akan berlaku berdasarkan fasilitas yang disediakan oleh Operator Bus Indonesia dan Timor Leste yaitu untuk operator Bus Indonesia dengan fasilitas AC sebesar Rp 350.000, dan dengan fasilitas AC dan toilet sebesar Rp 375.000.

Kemudian Operator Bus Timor Leste dengan fasilitas AC, toilet, WIFI, Mobile Charge dan TV dikenakan tarif sebesar 40 Dollar AS-60 Dollar AS atau setara Rp 599.072-Rp 898.609 (kurs Rp 14.977).

Baca juga: Terungkap, Ini Keluhan Warga Soal Tarif Integrasi Transportasi Umum di Jakarta

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menyampaikan, nantinya ke depan setelah Motaain selesai, pihaknya akan melakukan kerjasama dalam angkutan barang.

"Kalau sekarang angkutan orang nanti ke depan angkutan barang karena potensi ekonomi perbatasan NTT-Timor Leste sangat luar biasa," ujarnya.

Sementara, Direktur Jenderal Transportasi dan Komunikasi Timor Leste, Constantino Ferreira Soares mengatakan, kerjasama ini mengacu pada perjanjian yang disetujui oleh kedua negara dengan tujuan menyatukan hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik sejak beberapa dekade lampau.

"Dengan perjanjian yang ditandangani ini memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam pemilihan moda transportasi untuk memobilisasi orang termasuk barang melintasi perbatasan antar kedua negara," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com