Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/03/2023, 10:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia bakal mempromosikan megaproyek Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada publik di Plovdiv, Bulgaria.

Uniknya, promosi tersebut dilakukan melalui sebuah Festival Indonesia yang akan digelar pada Juni 2023 mendatang.

Sebagaimana mengutip informasi dari rilis pers pada Jumat (10/03/2023), festival itu memiliki target kurang lebih 10.000 pengunjung.

Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta menyampaikan, festival ini akan fokus pada sosialisasi Ibu Kota Negara Baru dan promosi seni budaya Indonesia dengan menampilan Ethnocestra by Erwin Gutawa dan Jay Subiakto sebagai Art Director.

Secara khusus, festival ini akan mengangkat tema Ibu Kota Negara Nusantara sebagai sustainable forest city.

"Oleh karena itu seniman dan jenama yang diajak turut serta adalah yang memiliki prinsip serupa, ramah lingkungan, dan berkelanjutan," jelasnya.

Baca juga: Jadi Dubes Pertama yang Datang ke IKN, Iwan Bogananta Siap Bawa Investor

Menurut dia, hal ini penting untuk meningkatkan kredibilitas dalam menarik investor asing untuk berinvestasi, dan dalam mempromosikan Nusantara itu sendiri.

KBRI Sofia akan aktif mendiseminasikan informasi mengenai dua hal.

Pertama, Nusantara sebagai sebuah Sustainable Forest City yang mematuhi semua kerangka dan hukum internasional di bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

"Kedua, mensosialisasikan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 mengenai insentif yang diberikan kepada calon investor," pungkas Iwan Bogananta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com