Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Difasilitasi KBRI Sofia, Investor Akan Bangun Hotel di Labuan Bajo

Kompas.com - 11/03/2023, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangan hotel menjadi salah satu instrumen investasi properti yang menarik di kawasan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Tak hanya dari lokal, investor luar negeri pun tertarik untuk membangun sarana akomodasi di kawasan berstatus Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) itu.

Hal itu sebagaimana dikemukakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Sofia dalam rilis pers diterima Kompas.com pada Jumat (11/03/2023).

Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta menyampaikan, investasi pembangunan hotel di Labuan Bajo menjadi salah satu dari beberapa kesepakatan bisnis yang dilakukannya.

Baca juga: Pasokan Kamar Hotel di Labuan Bajo Melonjak Pasca Ditetapkan Jadi Destinasi Super Prioritas

Diharapkan ke depannya akan berdampak terhadap pemulihan ekonomi nasional serta membantu para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

"KBRI juga memfasilitasi rencana Investasi sektor pariwisata pada 2023 dengan membangun hotel di area wisata labuan Bajo," jelas Iwan Bogananta.

Asal tahu saja, sejak menyandang status DPSP, Labuan Bajo mengalami pertumbuhan pasokan kamar hotel secara signifikan.

Labuan Bajo akan terus menarik minat pengembang hotel karena pertumbuhan jumlah pengunjung domestik dan internasional yang tertarik ke wilayah tersebut.

Berdasarkan data Hotel Investment Strategies (HIS), jumlah kamar hotel telah berkembang dari sekitar 800 pada tahun 2015 menjadi 1.825 pada tahun 2021. Dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata atau compound annual growth rate (CAGR) sebesar 14,7 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com