Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Tahun ke-14: PT SMI Perkuat Komitmen Atasi Perubahan Iklim

Kompas.com - 25/02/2023, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) semakin memperkuat komitmen untuk mengatasi perubahan iklim.

Hal ini seiring ditunjuknya PT SMI sebagai Country Platform Manager (CPM) Energy Transition Mechanism (ETM) pada perhelatan G20 tahun 2022.

Mandat baru ini memberikan PT SMI kewenangan untuk mendorong kebijakan transisi energi di Indonesia serta mencari sumber pembiayaan kreatif untuk mendukung hal tersebut.

Baca juga: Biayai Program Transisi Energi PLN, SMI Gunakan Skema Blended Finance

Tentu saja tanpa melupakan komitmen PT SMI untuk terus memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad, mengatakan pihaknya terus berdiskusi dan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan terkait dalam mengembangkan skema terbaik agar tercapai transisi energi yang adil dan terjangkau.

Dikatakan, bersama Kementerian Keuangan dan Asian Development Bank (ADB), PT SMI juga telah melakukan, identifikasi risiko, dan menyiapkan rencana mitigasi risiko dari aspek lingkungan dan sosial sebagai dasar rekomendasi skenario transisi energi yang akan diimplementasikan dalam Strategic Environmental and Social Assessment (SESA).

 

Semua langkah dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah ini demi tercapainya Enhanced Nationally Determined Contribution akan tercapai pada 2030 dan Net Zero Emission pada 2060.

“Memang di negara-negara lain sudah memulai lebih dahulu, bahkan telah ada yang bebas dari batu bara, seperti Swedia dan beberapa negara lain di Eropa. Namun, ETM di Indonesia tetap harus dilihat sebagai perjalanan di mana setiap langkah harus dilaksanakan dengan bijaksana sehingga target tersebut tercapai,” jelas Edwin dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Dukung Net-Zero Emisi di Indonesia, PT SMI Mulai Gunakan Mobil Listrik

Mengawali tahun 2023, PT SMI juga telah menandatangani Perjanjian Pembiayaan untuk
pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Ijen (PLTP Ijen) yang memiliki kapasitas 110 MW.

PLTP Ijen merupakan pembangkit listrik panas bumi pertama di provinsi Jawa Timur yang diharapkan dapat menjadi enabler serta memberikan ruang untuk keterlibatan pelaku usaha dari sektor swasta.

Dukungan terhadap PLTP Ijen merupakan salah satu langkah konkrit PT SMI sebagai aksi nyata dalam mendukung transisi energi melalui pembiayaan kepada sektor ketenagalistrikan yang bersumber dari energi baru terbarukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com