Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Bojonegoro Akan Alirkan Listrik Gratis untuk 1.497 Rumah

Kompas.com - 24/02/2023, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya merencanakan pemberian sambungan listrik gratis bagi keluarga tidak mampu pada tahun 2023.

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/2/2023), bantuan tersebut akan dialokasikan kepada warga miskin yang telah memiliki rumah tetapi belum memiliki sambungan listrik.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas PKPCK Zamroni mengatakan, Pemkab Bojonegoro akan memberikan sambungan listrik untuk 1.497 rumah warga.

"Saat ini masih proses screening. Kita sesuaikan dengan kondisi rumah yang memang layak untuk memperoleh sambungan listrik gratis," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, jumlah penerima sambungan listrik gratis tersebut bisa berubah tergantung kondisi lapangan.

Bantuan sambungan listrik ini juga diperuntukkan secara merata. Namun diupayakan dan diutamakan yang terdampak kemiskinan ekstrem.

"Selain itu juga dari Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang belum teraliri jaringan listrik," imbuhnya.

Baca juga: Produk Chiller asal Italia Ini Hemat Listrik hingga 40 Persen

Sementara pada 2022 lalu, Pemkab Bojonegoro juga telah merealisasikan 1.467 sambungan listrik token berdaya 900 kWh.

Zamroni menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mengajukan sambungan listrik gratis syaratnya sama seperti mengajukan bantuan atap, lantai, dinding (Aladin) kepada pihak desa terlebih dahulu.

Di sisi lain, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro membangun lima ruas jalan baru.

Kelima ruas jalan tersebut meliputi Jalan Desa Papringan Kecamatan Temayang sepanjang 523 meter, Jalan Desa Tondomulo Kecamatan Kedungadem sepanjang 2.420 meter, Jalan Desa Panjang Kecamatan Kedungadem sepanjang 657 meter.

Kemudian Jalan Desa Soko (Sekonang–Soko) Kecamatan Temayang sepanjang 1.325 meter, dan Jalan Desa Soko (Sekonang–Sekidang) Kecamatan Temayang sepanjang 1.245 meter.

Semua ruas jalan tersebut dibangun menggunakan konstruksi precast karena medan yang cukup berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com