Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24 Jalan dan Jembatan Beres Ditangani, Anda Bisa ke Danau Toba dengan Mudah

Kompas.com - 24/02/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan 24 pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan di kawasan pariwisata Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dukungan infrastruktur konektivitas ini diharapkan akan mempermudah akses wisatawan menuju Danau Toba yang dikembangkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas/Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur di setiap DPSP direncanakan secara terpadu.

Baik penataan kawasan, jalan dan jembatan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

“Prinsipnya adalah mengubah wajah kawasan dilakukan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” tegas Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (24/2/2023).

Penanganan konektivitas DPSP Danau Toba dilaksanakan Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut Direkatorat Jen (Ditjen) Bina Marga selama tahun 2020-2022.

Baca juga: 3 Ruas Jalan Pansela 85 Kilometer Siap Jadi Jalur Alternatif Mudik Lebaran

Ini meliputi pekerjaan preservasi, rehabilitasi, pembangunan jalan baru, penataan trotoar dan drainase, penggantian jembatan, dan beautifikasi.

Contohnya, di Kabupaten Dairi telah diselesaikan preservasi jalan dan jembatan ruas Batas Provinsi Aceh-Batas Kota Sidikalang-Panji-Batas Kabupaten Samosir.

Kemudian, Jalan Dalam Kota Sidikalang sepanjang 85,17 kilometer, dan preservasi jalan dan jembatan ruas Batas Kabupaten Dairi-Dolok Sanggul.

Untuk di Kabupaten Samosir meliputi penataan trotoar dan drainase serta rehabillitasi Jalan Simpang Tuktuk-Sialagan (8,4 kilometer), pelebaran jalan akses Pelabuhan Simanindo (0,5 kilometer), penataan trotoar jalan akses Pelabuhan Tomok (1,2 kilometer), penggantian Jembatan Aek Sioto dan Aek Hapilis Pangaloan (12 meter).

Selanjutnya penggantian Jembatan Aek Tano Ponggol (294 meter), preservasi jalan dan jembatan Pangururan-Ambarita-Tomok-Onan Runggu Nainggolan (127,11 kilometer).

Kemudian, pelebaran Jembatan Samosir (198 meter), preservasi Jalan Pangaruruan-Nainggolan (17 kilometer), dan penanganan jalan akses Wisata Rohani (2,5 kilometer), dan masih banyak lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com