Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Sewa Mal di Jakarta Bakal Naik

Kompas.com - 02/02/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rata–rata harga sewa ruang mal di Jakarta masih stabil sejak kuartal III-2022.

Untuk detail harga sewa ruang mal di Central Business District (CBD) adalah Rp 578.000 dan non-CBD Rp 375.000 per meter persegi per bulan.

"Kemudian setelah mengalami perbaikan kepadatan pengunjung di mal, pengembang berpeluang merencanakan penyesuaian harga rental pada tahun 2023," ujar Associate Director Research and Consultancy Department Leads Property Indonesia Martin Samuel Hutapea dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Sementara itu, seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19, pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hampir sepenuhnya dicabut pada akhir 2022.

Beberapa tempat umum seperti mal kini tidak lagi wajb melaksanakan pemeriksanaan ketat sebelum masuk. Ini menyebabkan mal kembali ramai seperti kondisi sebelum pandemi.

Adapun tingkat hunian di Jakarta tercatat sebesar 89,87 persen, terpantau naik 0,31 persen dari kuartal sebelumnya.

Pemulihan sektor ritel terlihat berjalan secara perlahan tapi pasti. Mal juga semakin semakin fleksibel dalam menyediakan lebih banyak jumlah ruang ritel berukuran lebih kecil bagi pemain ritel baru.

Baca juga: Profil The Park, Mal Baru dan Terbesar di Semarang

Belum ada suplai baru yang memasuki pasar ritel Jakarta. Pasokan terdekat diprediksi baru akan hadir pada kuartal IV-2023 sebesar sekitar 30.000 meter persegi.

Sedangkan pasokan kumulatif Jakarta tahun 2022 masih bertahan pada angka 3,48 juta meter persegi atau 348 hektar.

Dari sisi pasokan, ada sekitar 10.674 meter persegi pasokan baru selama kuartal IV-2022 dan permintaan kumulatif tercatat sebesar 3,12 juta meter persegi atau 312 hektar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com