Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diprediksi Bakal Naik, Segini Biaya Sewa Mal di Jabodetabek dan Surabaya

Kompas.com - 09/01/2023, 18:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang berencana menyewa ruang mal di Jabodetabek dan Surabaya perlu mengetahui kisaran harga sewa terkini.

Apalagi biaya sewa ruang mal di Jabodetabek dan Surabaya diperkirakan bakal mengalami kenaikan pada tahun 2023.

Sebagaimana tertera dalam laporan Colliers Indonesia berjudul Kondisi Properti Q4 2022 dan Proyeksi 2023. Berikut ulasan selengkapnya:

Mal di Jabodetabek

Hingga akhir tahun 2022, tarif sewa ruang mal yang ditawarkan di Jakarta tidak berubah, sekitar Rp 566.095 per meter persegi per bulan.

Sementara di Bodetabek tercatat sekitar Rp 380.961 per meter persegi per bulan. Sedikit terkoreksi daripada sebelumnya karena tambahan pasokan.

Kemudian, biaya pemeliharaan ruang mal cenderung stabil. Di Jakarta sekitar Rp 149.166, sedangkan Bodetabek Rp 118.166.

Baca juga: Jakarta Nihil, Dua Mal Baru Berdiri di Bodetabek Selama 2022

Total biaya sewa akan mengalami kenaikan di tahun 2023. Penyesuaian tersebut dilakukan karena kondisi pusat perbelanjaan yang sudah defisit selama pandemi.

Selain itu, terlihat atmosfer yang mulai membaik yang diiringi pula dengan penjualan dari gerai-gerai yang perlahan meningkat, serta naiknya upah minimum.

Penyesuaian tarif tidak bisa dipukul rata, namun diperkirakan akan dilakukan oleh mal dengan tingkat hunian dan tingkat kunjungan yang stabil dan tinggi. 

Mal di Surabaya

Hingga tutup tahun 2022, tarif dasar sewa ruang mal di Surabaya cenderung stabil. Tercatat berkisar Rp 445.422 per meter persegi per bulan dan biaya pemeliharaan sebesar Rp 140.000.

Rerata tarif sewa dan biaya pemeliharaan akan mulai mengalami penyesuaian atau kenaikan pada tahun 2023. Besaran kenaikannya diperkirakan minimal mengikuti laju inflasi.

Pada tahun 2023, biaya sewa diproyeksikan bakal menyentuh kisaran Rp 460.000 per meter persegi per bulan. Sedangkan biaya pemeliharaan bisa mencapai Rp 145.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com