Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekarangan Rumah Terasa Panas? Coba Tanam Pohon-pohon Ini

Kompas.com - 16/11/2022, 19:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia memiliki iklim tropis yang didominasi terik matahari dan cuaca panas. Karena itu, tidak jarang rumah akan terasa panas dan gersang.

Hal ini mengakibatkan kebanyakan orang berusaha mencari jalan keluar dengan menggunakan pendingin ruangan seperti air conditioner (AC) dan kipas angin.

Padahal, penggunaan alat ini tidak begitu baik untuk lingkungan. Keduanya menggunakan listrik yang cukup besar. Terutama AC yang mengeluarkan karbon monoksida dan zat-zat lainnya yang tidak bersahabat untuk lingkungan.

Untuk membantu mengatasi rasa gersang ini, Anda bisa mencoba menanam beberapa pohon di pekarangan rumah agar suasana rumah lebih rindang.

Berikut beberapa pohon yang biasanya digunakan untuk merindangkan suasana:

1. Pohon ketapang

Pohon ketapang memiliki tajuk, bagian tumbuhan yang meliputi daun, cabang, ranting, bunga, dan buah, yang tumbuh secara bertingkat sehingga serupa pagoda serta cabangnya yang mendatar.

Baca juga: Pertimbangkan Ini Sebelum Memilih Ubin untuk Teras Rumah Minimalis

Ditambah dengan daunnya yang rindang dan lebar, pohon ini menjadi pohon peneduh yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Tingginya juga bisa mencapai 40 meter sehingga dapat menjangkau seluruh pekarangan rumah.

2. Pohon tanjung

Pohon tanjung memiliki batang berkayu yang kokoh sehingga tidak mudah tumbang. Dedaunannya pun lebat sehingga cocok untuk dijadikan pohon peneduh.

Namun, pohon ini tidak memiliki kemampuan menyerap polusi yang begitu baik. Meski begitu, biasanya pohon ini memiliki umur yang panjang dan bisa tumbuh hingga 25 meter.

3. Pohon kiara payung

Seperti namanya, pohon ini memiliki ciri khas seperti payung yang dapat meneduhkan daerah sekitarnya. Pohon ini biasanya bisa tumbuh 4–11 meter dan memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap karbon monoksida.

Jika menanam pohon ini, daerah sekitar rumah tidak hanya akan terasa sejuk, tetapi kualitas udaranya pun akan meningkat.

4. Pohon kersen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com