Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadi Tjahjanto Bagikan 10 Sertifikat Plasma kepada Petani Aceh

Kompas.com - 16/11/2022, 15:52 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto membagikan 10 sertifikat plasma kepada petani kelapa sawit di Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Rabu (16/11/2022).

Hal ini menyusul adanya pengalokasian Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit oleh PT Satya Agung seluas 2.000 hektar.

"Ketika saya mendengar 2.000 hektar saya langsung tertarik karena jarang pemegang HGU mengalokasikan 2.000 hektar lahan perkebunan yang sudah ada tanaman kelapa sawit," ucap Hadi dalam sambutannya.

Menurut Hadi, langkah Satya Agung merupakan bukti implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2021 tentang Hak Pengelolaan, Hak Atas Tanah, Satuan Rumah Susun, dan Pendaftaran Tanah.

Baca juga: BPN Incar 100 Juta Bidang Tanah Terdaftar PTSL Tahun Ini

Selain itu, langkah ini juga merupakan wujud implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria.

Dengan demikian, petani dan buruh kecil bisa mendapatkan hak serta merasakan kehadiran negara dalam Reforma Agraria.

"Saya dengar tadi ini baru sebagian, sesuai rencana ada 2.000 hektar, jadi satu keluarga 2 hektar, jadi ada 1.000 keluarga yang dapat sertifikat," tambah Hadi.

Sementara itu, Komisaris Utama Satya Agung Joefly J Bahroeny menyampaikan terima kasih atas kehadiran Hadi beserta pejabat.

"Kami selaku pengusaha putra daerah ini mengembangkan perekonomian ini. Rasaya kenapa Aceh yang punya potensi sedemikian besar, tapi masih menjadi daerah termiskin di Sumatera," papar Joefly dalam sambutannya.

Kehadiran Hadi dianggap bisa memberikan semangat kepada petani dan masyarakat untuk membangun Aceh serta meningkatkan perekonomian wilayah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com