Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas SPAM IKK Garot di Aceh Beres Ditingkatkan, Basuki: Optimalkan Pemanfaatannya

Kompas.com - 20/10/2022, 13:35 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menyelesaikan peningkatan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Garot Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Sebelum dilakukan peningkatan, SPAM IKK Garot memiliki kapasitas 20 liter/detik yang melayani 2.600 Sambungan Rumah (SR) di Kecamatan Indra Jaya, Kecamatan Pidie, dan Kota Sigli. Namun kini sudah tidak mampu lagi menambah jumlah pelanggan air minum.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun telah meninjau pengoperasian SPAM IKK Garot pada Rabu (19/10/2022).

Dia menyampaikan, pihaknya pada tahun 2021-2022 telah melaksanakan Peningkatan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas 50 liter/detik di SPAM IKK Garot dan pembangunan jaringan perpipaannya untuk melayani 40.672 jiwa di 3 kecamatan.

Meliputi Kecamatan Delima sebanyak 22 Desa untuk 12.960 jiwa, Kecamatan Grong Grong sebanyak 15 Desa untuk 7.086 jiwa, dan Kecamatan Batee sebanyak 28 Desa untuk 20.626 jiwa.

"Kegiatan ini bertujuan menambah kapasitas dari 20 liter/detik ditambah 50 liter/detik lagi untuk masyarakat di 3 kecamatan," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Tahun 2024, SPAM Banjarbakula Ditarget Layani 74.202 Sambungan Rumah

"Saat ini sudah mulai beroperasi dan akan diserahkan ke pemerintah kabupaten untuk segera dioperasikan dan dioptimalkan pemanfaatannya," tandasnya.

Menurutnya, pembangunan SPAM diutamakan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau.

"Pemenuhan kebutuhan air minum ini menjadi salah satu prioritas di samping program sanitasi, terutama untuk menangani stunting atau gangguan pertumbuhan pada balita karena kekurangan air bersih dan sanitasi," tukas Basuki.

Peningkatan SPAM IKK Garot Kabupaten Pidie dilaksanakan dengan nilai kontrak Rp 22,86 miliar untuk peningkatan kapasitas IPA.

Baca juga: Sudah Jernih, SPAM Wey Momolin dan Bomoki Tak Butuh Teknologi Pengolah Air

 

Lingkup pekerjaannya berupa Bangunan Intake Air Baku dan Pipa Sadap, pekerjaan pipa transmisi air baku, pengadaan dan pemasangan pompa intake, panel, pipa dan aksesoris.

Lalu pekerjaan IPA Struktur Baja 50 liter/detik, pekerjaan mekanikal dan elektrikal, pekerjaan reservoar 600 m3, pekerjaan rumah pompa, dan panel, pekerjaan Rumah Bahan Kimia.

Sedangkan untuk pembangunan jaringan perpipaannya dikerjakan dengan nilai kontrak Rp 21,43 miliar. Lingkup pekerjaannya berupa pengadaan dan pemasangan Pipa HDPE dengan total panjang 36.540 m.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com