Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Natal dan Tahun Baru, Perbaikan Tol Terpeka Dikebut

Kompas.com - 20/10/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tengah mengebut perbaikan Ruas Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka).

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (20/10/2022), perbaikan Tol Terpeka dilakukan untuk menyambut momen Natal dan Tahun Baru 2022 pada Desember mendatang.

"Kami masih optimistis untuk mengejar penyelesaian pemeliharan jembatan pada awal Desember 2022 agar siap dilalui pengguna jalan pada momen Natal dan Tahun Baru akhir tahun ini," ucap Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji.

Dia mengatakan, pemeliharaan yang menjadi fokus Hutama Karya di Tol Terpeka saat ini adalah pemeliharaan Jembatan Sodong dan Jembatan Tedongram dengan menggunakan teknik pile slab.

Pengerjaan pemeliharaan dua jembatan tersebut telah dimulai sejak Agustus lalu dan saat ini telah memasuki tahapan timbunan jalan pendekat jembatan.

Baca juga: Perdana, Tiang Sensor MLFF Akan Dipasang di Tol Jagorawi

"Progres pengerjaannya pun cukup signifikan dimana saat ini Jembatan Sodong di Km 252+500 hingga Km 254+200 telah mencapai 50 persen, dan untuk Jembatan Tedongram di Km 248+500 hingga Km 249+600 pengerjaannya telah mencapai 45 persen," tambah Dwi.

Selama masa pemeliharaan dua jembatan, Hutama Karya memberlakukan traffic management dengan skema contraflow sejak awal pengerjaan jembatan yakni di Km 248+500 hingga Km 249+600 dan Km 252+500 hingga Km 254+200.

Hutama Karya mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas agar terus berhati-hati, khususnya saat melewati titik-titik pengerjaan dan menghubungi call centre tol di 0813-2900-0020 jika mengalami kendala yang tidak diinginkan.

Selain itu, Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu uang elektronik hanya untuk satu kendaraan.

Juga turut diimbau untuk memastikan kecukupan saldo kartu uang elektronik sebelum masuk gerbang tol, berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai ketentuan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Baca juga: Soal Rusaknya Jalan Limo Raya Imbas Proyek Tol Cijago, Ini Solusi Kontraktor

Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di manapun berada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com