Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Desain Pengembangan Stasiun Tigaraksa, Bakal Ada Bangunan Baru dan "Sky Bridge"

Kompas.com - 16/10/2022, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Tigaraksa di Kabupaten Tangerang bakal memiliki wajah baru. Karena akan menjalani revitalisasi sekaligus perluasan bangunan.

Pengembangan Stasiun Tigaraksa merupakan salah satu dari buah kerja sama antara PT KAI (Persero), Kemenhub, Pemkab Tangerang, Pemkab Bogor, dan anak usaha dari PT Agung Podomoro Land yakni PT Mitra Abadi Utama (MAU).

Bahkan telah berlangsung peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan pada Sabtu (15/10/2022).

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI Sandry Pasambuna mengatakan, kerja sama ini untuk kepentingan masyarakat luas melalui peningkatan jangkauan serta layanan perkeretaapian khususnya Commuter Line.

"Melalui pembangunan Ekstensi Stasiun Tigaraksa dan Flyover Tenjo ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor yang sehari-hari bepergian menggunakan Commuter Line," ujarnya dikutip dari laman KAI, Minggu (16/10/2022).

Baca juga: Stasiun Tigaraksa Bakal Diperluas Pakai Dana KPBU, Seperti Apa?

Desain bangunan Ekstensi Stasiun Tigaraksa di Kabupaten Tangerang.Dok. KAI Desain bangunan Ekstensi Stasiun Tigaraksa di Kabupaten Tangerang.
Adapun pengerjaan bangunan ekstensi Stasiun Tigaraksa akan berjarak 750 meter dari Stasiun Tigaraksa eksisting.

Kedua bangunan Stasiun Tigaraksa ini akan dihubungkan dengan Pedestrian Sky Bridge sepanjang 600 meter.

Bangunan Ekstensi Stasiun Tigaraksa akan terintegrasi dengan kawasan Transit Oriented Development (TOD) yang dikembangkan Agung Podomoro Land.

Desain Sky Bridge Stasiun Tigaraksa di Kabupaten Tangerang.Dok. KAI Desain Sky Bridge Stasiun Tigaraksa di Kabupaten Tangerang.
Konsep TOD yang dikembangkan pada Stasiun Tigaraksa ini akan membuatnya terhubung dengan kawasan pemukiman Agung Podomoro Land.

Pencanangan ini juga akan disinkronisasi dengan rencana pembangunan Transport Hub. Sehingga mewujudkan integrasi konektivitas antarmoda dan akan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Desain revitalisasi Stasiun Tigaraksa eksisting di Kabupaten Tangerang.Dok. KAI Desain revitalisasi Stasiun Tigaraksa eksisting di Kabupaten Tangerang.
Selain itu, bangunan Stasiun Tigaraksa eksisting juga akan direvitalisasi.

Pengerjaannya meliputi penataan ruang laktasi, ruang kesehatan, penambahan toilet, pelebaran Musala, peremajaan bangunan, pembangunan Passenger Crossing Bridge, penambahan area komersial stasiun, dan lainnya.

Stasiun Tigaraksa dan Stasiun Tenjo merupakan dua stasiun yang melayani Commuter Line rute Tanah Abang, Serpong, hingga Rangkasbitung dengan rata-rata 215 perjalanan Commuter Line per hari.

Desain revitalisasi Stasiun Tigaraksa eksisting di Kabupaten Tangerang.Dok. KAI Desain revitalisasi Stasiun Tigaraksa eksisting di Kabupaten Tangerang.
Pada tahun 2022, volume pengguna Commuter Line di Stasiun Tigaraksa yaitu rata-rata 3.390 pelanggan per hari, dan di Stasiun Tenjo yaitu rata-rata 2.420 pelanggan per hari.

Menurut Sandry, kolaborasi dengan berbagai pihak ini merupakan salah satu upaya KAI dalam mengoptimalkan aset perusahaan guna memberikan nilai lebih kepada masyarakat para pengguna transportasi massal.

"KAI akan terus berkolaborasi dan berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik serta mengembangkan layanannya. Diharapkan semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan transportasi massal perkeretaapian yang aman dan nyaman," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com