Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Tebet Eco Park Harus Pakai JAKI, Begini Caranya

Kompas.com - 24/08/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tebet Eco Park di Jakarta Selatan telah kembali dibuka pada Senin (15/8/2022).

Masyarakat yang ingin menikmati fasilitas Tebet Eco Park harus mendaftarakan diri terlebih dahulu melalui aplikasi JAKI.

Hal ini sebagaimana informasi yang diunggah oleh akun Instagram Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta @tamanhutandki.

Bagaimana caranya?

Pertama, buka aplikasi JAKI dan klik banner bertuliskan "Daftar Masuk Tebet Ecok Park" di aplikasi.

Baca juga: Saat Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Dibuka, Tiga Hal Ini Patut Disiapkan

Lalu, pengunjung harus mengisi data kunjungan dan data diri. Poin ini mencakup jumlah pengunjung, tanggal berkunjung dan waktu berkunjung yang terbagi menjadi 2 sesi.

Sesi pertama adalah pukul 07.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 13.00-17.00 WIB. Kemudian pengunjung akan mendapatkan barcode sebagai tiket masuk.

Tebet Eco Park menyediakan 5 lokasi kantong parkir, yaitu di area samping Sarana Square, SMPN 73 Jakarta (hanya pada akhir pekan), Pom Bensin MT Haryono, Gedung Graha Pratama dan Gedung Wisma Pede.

Untuk diketahui, taman yang baru diresmikan pada bulan April 2022 tersebut mendapat sejumlah perbaikan sejak pertengahan Juni.

Diinformasikan, salah satu pekerjaan yang dilakukan adalah penanaman kembali tanaman hias di sekeliling zona community garden.

Baca juga: Perpustakaan Taman Ismail Marzuki Resmi Dibuka, Ini Fasilitasnya

Juga dilakukan pembangunan zona pet park di taman bagian selatan, naturalisasi sungai dan filterisasi sampah padat di sepanjang aliran sungai.

Tak ketinggalan, dilakukan pemasangan rambu-rambu yang lebih informatif untuk pengunjung hingga perbaikan area tangga darurat di link bridge.

Selain itu, dilakukan penanam kembali rumput di zona thematic garden dan community lawn, pembangunan area UMKM hingga pembangunan kolam dekat wetland boardwalk.

Tebet Eco Park berdiri di lahan seluas 7 hektar yang diharapkan bisa berfungsi sebagai ruang terbuka hijau dan ruang terbuka biru.

Tebet Eco Park terbagi menjadi 2 bagian, yaitu sisi utara dan selatan. Sisi selatan taman ditetapkan sebagai area community garden di mana terdapat eksisting kebun bibit.

Zona wetland boardwalk yang juga terletak di sisi selatan taman berfungsi untuk membantu menahan laju air dan meningkatkan retensi air.

Tersedia pula area bermain anak dengan beragam permainan hingga viewing deck yang memanfaatkan perbedaan kontur.

Di sini terdapat pintu masuk utama area selatan dengan paviliun penerima yang dilengkapi dengan toilet untuk kegiatan sosial-masyarakat di sekitar Tebet Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com