BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Tren Pertumbuhan Properti Meningkat pada Triwulan I 2022, Ini Keuntungan Investasi Properti

Kompas.com - 16/07/2022, 08:11 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pertumbuhan sektor properti di Indonesia mulai menunjukkan tren positif. Hal ini terjadi seiring dengan mulai pulihnya sektor ekonomi dan aktivitas masyarakat yang berangsur normal.

Teranyar, hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) dari Bank Indonesia yang dilakukan terhadap sampel developer di 18 kota, mencatatkan Indeks Harga Properti Properti Residensial (IHPR) Triwulan 1-2022 tumbuh 1,87 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy).

Peningkatan pertumbuhan IHPR Triwulan I-2022 didorong penyesuaian harga yang dilakukan developer sejak awal 2022. Hal ini seiring pemberlakuan insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP).

Selain properti residensial, sektor properti komersial, seperti rumah toko (ruko) dan kantor juga mengalami pertumbuhan positif sepanjang triwulan I-2022.

Berdasarkan laporan Perkembangan Properti Komersial (PPKOM) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, permintaan properti komersial pada triwulan 1-2022 menunjukkan peningkatan sebesar 1,19 persen yoy.

Baca juga: Ingin Punya Rumah Idaman? Ikuti 4 Tips Berikut untuk Realisasikan Hunian Impian

Dari segi pasokan, properti komersial juga mengalami peningkatan pada periode yang sama. Hal ini tecermin dari pertumbuhan Indeks Pasokan Properti Komersial yang tercatat meningkat sebesar 1,24 persen yoy.

Sementara itu, harga properti komersial pada periode yang sama tercatat tumbuh meski melambat. Hal ini tercermin dari Indeks Harga Properti Komersial yang tumbuh sebesar 0,26 persen yoy. Pertumbuhan ini lebih rendah ketimbang triwulan 4-2021 yang mencapai 0,60 persen yoy.

Berdasarkan survei dan laporan BI tersebut, baik properti residensial maupun komersial dapat dikatakan memiliki prospek yang cerah. Ini karena sektor tersebut menunjukkan tren pertumbuhan positif tiap kuartal. Artinya, properti masih layak dijadikan pilihan investasi mengingat sektor ini menawarkan keuntungan setiap tahun. Lalu, apa saja keuntungan investasi properti? Simak ulasan berikut.

1. Harga properti cenderung naik setiap tahun

Sektor properti menjadi salah satu sektor yang tahan banting terhadap berbagai faktor, termasuk disrupsi digital. Bahkan, saat pandemi Covid-19, harga properti cenderung naik.

Properti residensial serta komersial memang memiliki stok terbatas, sedangkan permintaan cenderung meningkat setiap tahun. Inilah yang membuat harganya tetap mengalami peningkatan.

Baca juga: Melirik Kawasan Superblok sebagai Hunian? Ketahui Dulu 5 Keunggulannya

Selain itu, selama pandemi Covid-19, pemerintah juga menstimulus masyarakat dengan memperpanjang kebijakan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) ditanggung pemerintah (DTP) hingga September 2022. Kebijakan ini mendorong konsumen untuk mencari hunian idaman atau rumah pertama mereka sesegera mungkin.

Akibatnya, harga properti, terutama rumah tapak, mengalami kenaikan secara konsisten.

2. Memiliki capital gain yang cukup besar

Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari berinvestasi. Pada konteks investasi properti, istilah tersebut merujuk pada selisih antara harga jual aset dikurangi dengan harga beli ditambah biaya-biaya.

Umumnya, rata-rata jangka waktu investasi properti untuk menghasilkan capital gain adalah 3-5 tahun. Sebagai gambaran, capital gain properti di lokasi strategis berkisar 15-35 persen dalam setahun. Jika Anda investasi properti seharga Rp 1 miliar dengan capital gain 35 persen, keuntungan yang didapat mencapai Rp 350 juta.

Keuntungan tersebut tergolong besar karena instrumen investasi lain belum tentu dapat memberikan imbal hasil seperti itu dalam jangka waktu satu tahun.

3. Bersifat multiguna

Keuntungan berikutnya dari investasi properti adalah multiguna, terlebih bila properti berlokasi di tempat strategis.

Pemilik dapat menggunakan aset tersebut untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, dijadikan tempat usaha atau kantor, baik untuk penggunaan pribadi maupun disewakan. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai tempat tinggal. Pemilik dapat menggunakannya sebagai hunian tetap atau sekunder yang hanya ditempati saat sedang liburan.

Rumah di BSD City. DOK. Sinar Mas Land. Rumah di BSD City.

Sebagai hunian sekunder, aset properti tersebut dapat digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga atau sahabat dekat.

4. Bisa menjadi agunan saat mengajukan pinjaman

Selain dapat ditinggali dan disewakan, aset properti juga bisa dijadikan sebagai jaminan saat Anda membutuhkan pinjaman uang ke bank, baik untuk modal usaha maupun kebutuhan pribadi yang mendesak.

Seperti diketahui, kebanyakan bank atau lembaga perkreditan memberikan prioritas pinjaman bagi pihak yang memiliki agunan, termasuk jaminan dalam bentuk properti. Pasalnya, aset properti bersifat likuid sehingga mudah untuk diputar kembali menjadi uang. Dengan memiliki aset properti, Anda menjadi lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman uang.

Meski demikian, Anda perlu melakukan perhitungan yang rinci agar tidak gagal bayar. Pasalnya, aset properti bisa lepas dari Anda dan disita bank atau pemberi pinjaman jika hal tersebut terjadi.

Baca juga: Selain Rumah Tapak dan Apartemen, Investasi Properti Jenis Ini Juga Menjanjikan Keuntungan

Itulah keuntungan investasi properti yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin menjadikannya instrumen investasi. Perlu diketahui, investasi ini tergolong menguntungkan untuk semua jenis hunian, baik rumah tapak, apartemen, serta ruko.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi, pastikan developer properti yang dipilih tepercaya. Akan lebih baik juga jika developer menawarkan promo menarik. Dengan begitu, Anda berpotensi mendapatkan keuntungan lebih.

Adapun salah satu developer yang memberikan promo untuk kepemilikan hunian adalah Sinar Mas Land. Developer tepercaya ini memiliki program Double Dream periode 2 yang berlaku mulai 1 Juli 2022 hingga 30 September 2022.

Promo Double Dream Periode 2 dari Sinar Mas Land. DOK. Sinar Mas Land Promo Double Dream Periode 2 dari Sinar Mas Land.

Melalui promo tersebut, konsumen bisa menghemat hingga 17 persen, serta menikmati tambahan potongan 6 persen, bebas biaya lain, serta insentif PPN DTP. Selain itu, promo tersebut juga menawarkan grand prize satu unit apartemen Southgate Altuera tipe Studio.

Promo Double Dream 2 berlaku pada hampir semua proyek Sinar Mas Land yang tersebar di kawasan BSD City, Tangerang, Jakarta, Cibubur, Cikarang, Surabaya, Balikpapan, dan Batam.

Untuk kawasan BSD City, Sinar Mas Land memiliki berbagai rumah tapak di klaster unggulan yang bisa dipilih konsumen, yakni Zena, Greenwich Park, Mozia, Vanya Park, Myza, The Eminent, Savia Park, Provence Suites, Tabebuya serta Apartemen Casa de Parco.

Sinar Mas Land pun memiliki ruko dengan konsep modern di BSD City, yakni Kios Pasar Modern 2, Autoparts, Provence Suites, West Park, Ruko Pasar Modern Timur, TabeSpot, serta The Savia.

Untuk area Jakarta, Sinar Mas Land memiliki lima apartemen mewah berlokasi strategis, mulai dari Aerium yang terletak di Taman Permata Buana, Jakarta Barat, The Elements di Kuningan, Jakarta Selatan, serta Southgate, Southgate Elegance Tower, serta Altuera Tower di TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Untuk kawasan Surabaya, Sinar Mas Land memiliki perumahan Wisata Bukit Mas dan apartemen Klaska Residence.

Selanjutnya di Balikpapan, Sinar Mas Land memiliki klaster Pineville. Untuk ruko di lokasi yang sama, Sinar Mas Land memiliki Ruko A6, Palladium, serta Golden Boulevard.

Lalu, di Batam, Sinar Mas Land memiliki kawasan yang cocok untuk investasi, yakni The Nove Nuvasa Bay. Konsumen dapat membeli The Nove Landed House dan apartemen The Nove Kaina Tower. Sinar Mas Land juga punya berbagai klaster dan apartemen lainnya, yakni The Nove Terrace House, apartemen Kalani Tower, serta Kaina Tower.

Selain produk properti berkualitas, Sinar Mas Land juga menawarkan kemudahan pembayaran melalui kerja sama dengan beberapa bank. Sebut saja, Bank Mandiri, CIMB Niaga, Permata Bank, Maybank, BCA, BNI, BRI, BTN, UOB, Danamon, OCBC, serta Commonwealth.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera investasikan dana Anda melalui produk hunian Sinar Mas Land yang tersebar di berbagai kota.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Double Dream, Anda bisa mengunjungi website Sinar Mas Land, e-catalog Sinar Mas Land, serta hubungi nomor telepon 021 53159000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com