Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinarmas Land Lepas Aset di London Senilai Rp 4,42 Triliun

Kompas.com - 15/07/2022, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinarmas Land baru saja memutuskan melepas properti komersialnya yakni 33 Horseferry Road, di Westminister, London.

Properti tersebut merupakan milik anak perusahaan Sinarmas, Horseferry Property, dan akan dijual dengan harga 247,5 juta poundsterling atau setara dengan Rp 4,42 triliun.

Seperti dikutip dari Keterbukaan Informasi Bursa Efek Singapura (SGX) Rabu (13/7/2022), Sinarmas Land melalui anak perusahaannya, SML Victoria telah menandatangani perjanjian jual beli dengan LTH Property Holdings 3 Limited.

Baca juga: Ekspansi Bisnis, Sinarmas Land Akuisisi Gedung Perkantoran di London Rp 3,6 Triliun

“Imbalan untuk pelepasan aset diperkirakan sebesar 247,5 juta poundsterling (Rp 4,42 triliun), yang ditentukan atas kesediaan kedua belah pihak dengan mempertimbangkan harga transaksi properti serupa di lokasi yang sama,” ujar Direktur Sinarmas Land, Robin Ng Cheng Jiet.

Setelah penandatanganan perjanjian jual beli, LTH Property wajib membayarkan deposit tunai sebesar 20 persen dari usulan harga.

Sisa uang pembelian rencananya nanti akan dibayarkan setelah penyelesaian kesepakatan yang direncakan pada awal Agustus 2022.

Setelah melepas aset berharganya, Sinarmas berharap bisa mendapatkan pengembalian yang menarik atas investasinya tersebut. 

Sebagai informasi, 33 Horseferry Road merupakan bangunan di jantung kawasan Victoria, yang merupakan pusat residensial dan komersial di pusat kota London.

Bahkan salah satu ruang kantor di gedung tersebut telah disewa oleh Kementerian Transportasi Inggris dalam durasi kontrak 17 tahun.

Baca juga: Bakal Kembangkan Hunian di California, Sinarmas Land Gandeng Palari Group

Lima tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 2017, Sinarmas resmi memiliki gedung 33 Horseferry Road setelah mengakuisi saham Horseferry Property senilai Rp 3,6 triliun.

Gedung ini memiliki luas memiliki luas 16.778 meter persegi dan memiliki area perkantoran grade A seluas 15.213 meter persegi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com