Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Gedung Pencakar Langit Tak Beratap Genteng seperti Rumah?

Kompas.com - 12/07/2022, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Roof One

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika melihat gedung pencakar langit, pernahkah terpikir kenapa bangunan yang menjulang tinggi tersebut tak beratap genteng seperti rumah?

Pada umumnya, gedung pencakar langit memiliki atap datar. Di atap tersebut tersimpan komponen penunjang operasional gedung atau bahkan diubah menjadi taman atap oleh pengelola.

Dewan Pertimbangan yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta mengatakan, sebenarnya tidak ada bentuk yang diatur untuk atap gedung pencakar langit.

"Kalau soal bentuk, sebenarnya puncaknya bebas aja," jelas Davy kepada Kompas.com, Selasa (12/7/2022).

Hanya, banyak hal yang perlu dipikirkan, seperti penggunaan material penyusun atap. Ini disebabkan karena kecepatan angin di daerah yang lebih tinggi jauh lebih kencang dibandingkan dengan permukaan tanah.

Baca juga: Bagaimana Cara Meruntuhkan Gedung Pencakar Langit?

"Jangan sampai material atap (misalnya genteng) terbang," tambah Davy.

Selain itu, perlu juga dipikirkan terkait proses pembersihan fasad kaca gedung. Gedung bertingkat tetap harus dibersihkan secara berkala selayaknya bangunan lain.

Bedanya, pembersihan fasad kaca gedung bertingkat membutuhkan alat bantu, seperti gondola untuk mengangkut pekerja yang akan membersihkan.

Gondola biasanya diletakkan di atap gedung yang akan tersambung dengan rel di mana penggunaannya memakan tempat dan harus bisa mengelilingi gedung.

Sementara melansir Roof One, penggunaan atap datar pada gedung pencakar langit adalah pilihan yang tepat bagi pelaku usaha untuk menghemat biaya.

Baca juga: Kapan Fasad Kaca Gedung Bertingkat Harus Dibersihkan? Ini Kata Ahli

Tak hanya itu, atap datar juga mudah dipasang serta bisa diubah menjadi area hijau yang multifungsi.

Ini bisa menjadi lebih praktis, meskipun harus mengesampingkan faktor estetika dari penggunaan genteng di rumah.

Sedangkan untuk mencegah kebocoran gedung, saat ini telah hadir berbagai macam produk pelapis atau membran atap berkualitas tinggi. Produk ini mampu menghalangi air merembes ke dalam gedung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com