Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Uji Coba, Naik Bus Listrik Kampung Melayu-Tanah Abang Gratis

Kompas.com - 14/06/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melaksanakan uji coba bus listrik rute Kampung Melayu-Tanah Abang (5F) berpelanggan.

Melansir unggahan Twitter resmi Transjakarta @PT_Transjakarta, uji coba bus listrik 5F berpelanggan ini beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00-21.00 WIB.

Selama masa uji coba, pelanggan tidak akan dikenai biaya atau gratis, tetapi tetap harus melakukan tap in kartu uang elektronik di perangkat tap on bus (TOB).

Adapun uji coba ini akan dilaksanakan selama 3 bulan untuk memastikan kelayakan armada sebelum masuk ke pengadaan.

Uji coba selama 3 bulan, apakah nanti kondisi sesuai standar kita, bagaimana kita, segala macam, setelah itu baru kita masuk ke progres pengadaan,” kata Direktur Utama Transjakarta Mochammad Yana Aditya.

Baca juga: Rute Bus Wisata Transjakarta, Melayani Warga Tiap Akhir Pekan dan Libur Nasional

Tambah Yana, uji coba juga dilakukan untuk mengetahui ketahanan baterai dan memastikan sertifikasi kesesuaian terhadap kebutuhan Transjakarta.

Terdapat 3 bus listrik yang diuji untuk rute ini, yaitu Zhongtong, Skywell dan Golden Dragon. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing.

Misalnya, Zhongtong dengan kapasitas baterai sebesar 350 kilo watt hour (kwh) dengan mode pengisian daya lambat dan cepat.

Sementara Skywell memiliki kelebihan baterai Lithium Ion Phosphate (LiFePo4) berdaya 322 kwh dengan proses pengisian daya selama 2 jam.

Sedangkan Golden Dragon memiliki kapasitas baterai sebesar 326 kwh berkecepatan pengisian daya hanya 60 menit.

Baca juga: Ada Revitalisasi Halte, Transjakarta Sediakan Shuttle Bus

“Ke depan kita akan coba kendaraan mikro bus listrik. Kita berharap dukungan untuk bisa masuk dalam tahap uji coba tersebut,” tambah Yana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com