Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tarif 18 Ruas Tol Bakal Naik Tahun Ini

Kompas.com - 07/06/2022, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, setidaknya ada 18 ruas jalan tol akan mengalami penyesuaian tarif tahun 2022.

Menyusul 12 ruas tol lainnya yang telah dinaikkan tarifnya hingga Kuartal II-2022, dari total 30 ruas yang direncanakan.

Penyesuaian tarif ini sudah termasuk dengan yang telah diberlakukan pada pertengahan tahun ini.

“Ada beberapa yang baru kita ajukan ke Pak Menteri (PUPR). Tahun ini cukup banyak, lebih dari 30 ruas kira-kira yang mengalami tarif adjusment," ujar Danang dalam media briefing di Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Kendati begitu, dia tidak merinci tol mana saja yang akan mengalami penyesuaian tarif. Namun, Danang memastikan, kebijakan penyesuaian tarif ini akan dilakukan secara bertahap.

Hal ini dimaksudkan dalam rangka peningkatan kebijakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang dilakukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Dalam Undang-undang (UU), itu kan yang baru diamandemen ditekankan betul dari DPR bahwa SPM harus jadi perhatian buat kita. Jadi SPM akan lebih ketat," tambah Danang.

Rencana penyesuaian tarif tol ini tidak hanya berlaku di Pulau Jawa, tetapi juga di Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, serta Sulawesi.

Baca juga: Catat, Ada 16 Tol Baru yang Beroperasi hingga Akhir 2022

Kenaikan tarif nantinya bakal tetap mempertimbangkan kondisi perekonomian di masing-masing daerah, terutama dengan memerhatikan angka inflasi di wilayah tersebut.

"Jadi tergantung inflasi di daerah masing-masing. Kalau tol di Jawa Timur, kabupaten mana, kita menunggu data yang diterbitkan BPS. Tunggu pengumumannya saja," jelasnya.

Sepanjang Kuartal II tahun 2022, sudah 12 ruas tol yang telah berubah tarifnya.

Ke-12 ruas tol yang telah mengalami kenaikan tersebut adalah Tol Dalam Kota, Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Tol Kunciran-Serpong, hingga Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Lalu, Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi I dan II, Tol Tangerang-Merak, Tol Soreang-Pasir Koja, Tol Pandaan-Malang, serta Tol Pondok Aren-Serpong.

Sedangkan sisanya, 18 ruas tol lainnya bakal mengalami kenaikan tarif menjelang akhir tahun 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com