Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APLN Cetak Laba Rp 41,1 Miliar Kuartal I-2022

Kompas.com - 20/05/2022, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - JAKARTA, KOMPAS.com – PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) tunjukkan kinerja positif selama kuartal I-2022.

Melansir siaran pers, Jumat (20/5/2022), APLN berhasil membukukan laba komprehensif sebesar Rp 41,1 miliar pada kuartal I-2022.

Capaian tersebut meningkat drastis jika dibandingkan dengan rugi komprehensif yang diperoleh APLN sebesar Rp 312,3 miliar pada kuartal I-2021.

Selain itu, berkat langkah efisiensi yang dilakukan oleh manajemen dan seluruh unit bisnis, APLN juga berhasil membukukan laba kotor sebesar Rp 474,7 miliar atau naik 155,8 persen dibandingkan Rp 185,6 miliar pada kuartal yang sama tahun lalu.

“Keberhasilan penjualan properti yang terus meningkat, berkat keberanian perusahaan dalam mengembangkan proyek-proyek properti sejak awal pandemi, menjadi bukti kematangan APLN di industri ini yang sudah berlangsung selama lebih dari setengah abad,” kata Corporate Secretary APLN F Justini Omas.

Baca juga: Bukan Jabodebek, Kota Ini Alami Kenaikan Indeks Harga Properti Residensial Tertinggi

Sementara itu, penjualan dan pendapatan usaha yang berhasil dibukukan pada kuartal I-2022 sebesar Rp 1,26 triliun, naik 159,4 persen dari Rp 485,4 miliar pada kuartal I-2021.

Menurut Justini Omas, peningkatan kinerja APLN terjadi berkat membaiknya penanganan pandemi Covid-19, didukung oleh proyek yang telah dikembangkan perusahaan sejak awal pandemi.

Kinerja positif turut ditunjukkan melalui pengakuan penjualan dari bisnis properti sebesar RP 960 miliar yang naik tajam dibandingkan dengan kuartal I-2021 senilai Rp 242,0 miliar.

Adapun hingga ini, sejumlah proyek terus dikembangkan dan dipercepat proses pembangunannya, seperti Podomoro City Deli Medan, Podomoro Park Bandung, Bukit Podomoro Jakarta, Podomoro Golf View Cimanggis dan Kota Podomoro Tenjo Bogor.

Lebih lanjut, berkat marketing sales yang dilakukan, APLN juga berhasil membukukan penjualan pemasaran di luar PPN sebesar Rp 796,1 miliar hingga April 2022.

Baca juga: Ingin Beli Properti Pasca-lebaran, Perhatikan Hal Ini

Angka tersebut dihasilkan oleh proyek properti Podomoro Park Bandung, Podomoro City Deli Medan, Bukit Podomoro Jakarta, Pakubuwono Spring dan Podomoro Golf View Cimanggis sebesar lebih dari 80 persen.

Tak berhenti di situ, kinerja positif juga ditunjukkan melalui keberhasilan operasional hotel dan mal berkat pelonggaran kebijakan PPKM.

Peningkatan kedua sektor tersebut berhasil mendorong pendapatan berulang APLN menjadi sebesar Rp 299,1 miliar pada kuartal I-2022 dibandingkan Rp 243,4 miliar pada kuartal I-2021.

“Kami berkomitmen untuk selalu mendukung upaya pemerintah agar pandemi ini segera berakhir dan perekonomian dapat bergerak semakin cepat,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com