Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Beli Properti Pasca-lebaran, Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 07/05/2022, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Apakah Anda berkeinginan untuk membeli properti pasca perayaan Lebaran?

Jika iya, Anda diharapkan untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan dan memperhatikan beberapa hal.

Melansir Kompas.com, Presiden Direktur Era Indonesia Darmadi Darmawangsa menjelaskan mengenai sejumlah tips membeli properti, terlebih di era pemulihan krisis akibat pandemi.

Adapun tips membeli properti ini berlaku bagi end-user ataupun para investor agar terhindar dari risiko, seperti kerugian.

Menurutnya, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah terkait bentuk propertinya, misalnya rumah tapak atau rumah toko (ruko).

Baca juga: Tepatkah Membeli Rumah Baru Jelang Lebaran?

Penyebabnya adalah, selain properti seken yang terkoreksi harganya, saat ini tak sedikit orang yang tertarik dengan rumah tapak.

“Jadi fokus orang yang ingin investasi properti yakni antara rumah tapak dan ruko. Ini akan meledak nanti seiring perputaran ekonomi,” jelasnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah terkait aksesibilitas properti, mulai dari lokasi yang mudah ditemukan, mudah diakses dari pusat kota dan dekat dengan sarana transportasi umum.

“Lokasi properti tepat dan memiliki fasilitas lengkap,” tambah Darmadi.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan developer properti yang hendak dibeli, mengingat belum tentu semua developer punya komitmen pembangunan yang baik.

Baca juga: Tips Berkelit dari Rayuan Gombal dan Tipuan Pengembang Bodong

"Selanjutnya membeli properti pada developer yang terpercaya. Karena belum tentu semua developer punya komitmen pembangunan yang baik,” Darmadi kembali merincikan.

Kemudian, sebisa mungkin Anda memilih properti yang memiliki desain menarik dan berkualitas, sehingga nyaman untuk ditinggali atau punya nilai jual tinggi.

Lebih lanjut, momen terbaik untuk membeli properti adalah saat peluncuran dan harga perdana, karena seiring berjalannya waktu, harga properti akan semakin mahal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com