Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

52.000 Tiket Balik dari Yogyakarta Masih Tersedia

Kompas.com - 11/05/2022, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 52.000 tiket kereta api (KA) jarak jauh keberangkatan dari Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta masih tersedia.

"Hingga saat ini setidaknya masih ada sekitar 52.000 tiket yang tersedia," ujar Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta Supriyanto, melansir Antara, Rabu (11/5/2022).

Sejumlah tiket tersebut tersedia untuk keberangkatan tanggal 11-16 Mei 2022 dengan kota tujuan Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan Semarang.

Adapun menurut Supriyanto, ketersediaan tiket yang cukup banyak tersebut disebabkan karena perpanjangan masa operasi beberapa kereta tambahan di masa Angkutan Lebaran tahun ini.

Beberapa kereta tambahan yang dimaksud, antara lain KA Fajar Utama rute Yogyakarta-Pasar Senen, Argo Lawu Tambahan rute Solo Balapan-Gambir, Jaka Tingkir rute Purwosari-Pasar Senen dan Argo Dwipangga Tambahan yang akan diperpanjang masa operasinya dari 14-16 Mei 2022.

Baca juga: H+7 Lebaran, Sebanyak 38.800 Penumpang Kereta Api Tiba di Jakarta

Tak hanya itu, perpanjangan jadwal operasi kereta juga diterapkan untuk kereta Bogowonto rute Lempuyangan-Pasar Senen yang masih dijalankan pada 10-16 Mei 2022.

Sementara per Selasa (10/5/2022), tercatat sebanyak 14.558 orang tiba di sejumlah stasiun Daop 6 Yogyakarta.

Supriyanto mengatakan, jumlah tersebut masih cukup tinggi dan hampir sama seperti total kedatangan penumpang pada hari sebelumnya yang mencapai 14.000 orang.

Terhitung sejak 22 April-13 Mei 2022, sebanyak 296.008 penumpang akan diberangkatan dari Daop 6 Yogyakarta dan diperkirakan akan ada 319.667 penumpang yang turun.

Terkait hal ini, Supriyanto berpesan bahwa pemudik yang masih berada di Yogyakarta dan sekitarnya bisa memesan tiket KA untuk kembali ke perantauan.

Baca juga: IKN Bakal Miliki Jaringan Jalur Kereta Api, Berikut Rencananya

"Karena tiket bisa dibeli secara online, ketersediaan tiket tersebut sangat dinamis. Harapannya, calon penumpang bisa segera membeli tiket jika sudah menetapkan jadwal perjalanan," tambah Supriyanto.

Calon penumpang diimbau untuk memperhatikan syarat perjalanan sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Menteri Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Syarat perjalanan dengan menggunakan kereta api jarak jauh tetap sama, sudah vaksin booster. Jika belum, harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19. Penumpang pun tetap diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan," pungkas Supriyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com