[POPULER PROPERTI] Penyebab Enam Kota Utama Macet Parah Selama Mudik Lebaran

Kompas.com - 11/05/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah jalan di kota-kota besar yang menjadi tujuan mudik Lebaran 2022 mengalami kemacetan parah seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Medan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi kemacetan itu, sejumlah rekayasa lalu lintas (lalin) diberlakukan, mulai dari one way (satu arah), contraflow (lawan arus), hingga ganjil genap (gage), terutama di jalan tol.

Hal ini terjadi lantaran kegiatan mudik Lebaran diisi ekonomi turunannya seperti pariwisata, kuliner, hingga ritel.

"Maka, lonjakan sesaat arus lalu lintas (lalin) dan manusia pun otomatis memengaruhi kota-kota Indonesia," ujar Ketua Majelis Kode Etik Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Bernardus Djonoputro kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com edisi Selasa (11/5/2022).

Lantas, apa catatan bagi Pemerintah agar lonjakan arus lalin sesaat mudik Lebaran dapat diatasi?

Baca informasinya melalui tautan ini Enam Kota Utama Macet Parah Selama Mudik Lebaran, Apa yang Salah?

Bagi Anda yang masih tinggal di rumah kontrakan atau kos-kosan di kota Jakarta, saatnya mempertimbangkan untuk memiliki rumah sendiri.

Salah satu lokasi yang bisa Anda pilih untuk menjadi lokasi hunian adalah Kabupaten Tangerang, yang berlokasi di Provinsi Banten.

Banyak rumah yang ditawarkan dengan harga terjangkau di lokasi itu sehingga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang masih memiliki gaji standar UMR.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.