Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Mudik Lebaran via Jalan Tol

Kompas.com - 23/04/2022, 15:40 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena angka penularan Covid-19 yang kian menurun, tahun ini pemerintah Indonesia mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik atau perjalanan pulang ke kampung halaman.

Bila Anda ingin mudik dengan menggunakan moda transportasi darat, ada beberapa hal yang wajib disiapkan sebelum melakukan mudik agar perjalanan lancar.

Seperti dikutip dari akun resmi PT. Jasa Marga, berikut beberapa hal yang  wajib Anda siapkan terutama bila akan menggunakan jalan tol.

1. Kondisi tubuh yang prima

Pastikan tubuh Anda berada dalm kondisi yang prima sebelum melakukan mudik. Meskipun hanya duduk di dalam mobil, rasa lelah dan ngantuk bisa datang kapan saja, terutama bila Anda berada di belakang kemudi.

Karena itu, jaga stamina Anda sebelum berangkat. Pastikan Anda memiliki jam tidur yang cukup dan berolahraga ringan. 

Baca juga: Agar Tidak Terjebak Macet Mudik di Jalan Tol, Ini Triknya

2. Cek kondisi kendaraan

Hal berikutnya yang wajib dilakukan adalah mengecek kondisi kendaraan. Mulai dari kondisi ban, mesin hingga persediaan bensin.

Baca juga: Agar Rumah Tetap Aman Saat Mudik Lebaran, Lakukan Cara Ini

Bila kendaraan berada dalam kondisi yang tidak baik, bisa menyusahkan Anda selama perjalanan. Tentu Anda tidak ingin sampai lebih lama di tempat tujuan lebih lama dari perkiraan bukan?

3. Pahami rute tujuan

Rute perjalanan merupakan hal penting yang harus dikuasai sebelum melakukan mudik. Pilihlah rute terbaik sehingga Anda bisa terhindar dari kemacetan.

Cek informasi ruas tol yang akan Anda lintasi secara berkala di media sosial atau melalui aplikasi Travoy 3.0 sehingga bisa mendapatkan laporan mengenai kondisi lalu lintas terbaru di jalan tol.

4. Isi saldo e-toll

Saat ini pembayaran tarif jalan tol di Indonesia berupa transaksi non tunai menggunakan uang elektronik dengan sistem Chip Based.

Karena itu, pengguna jalan harus menyetorkan sejumlah dana ke dalam kartu e-toll sebelum melewati tol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com