Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Merawat Tiga Area Penting di Rumah Secara Rutin

Kompas.com - 06/04/2022, 15:46 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah saat ini tak hanya menjadi tempat berlindung bagi keluarga, namun juga merupakan investasi masa depan yang menjanjikan.

Seperti dikutip dari situs NAHP Kementerian PUPR, setiap pemilik rumah disarankan dapat merawat huniannya dengan baik agar bangunan memiliki umur pakai (life time) yang lebih lama.

Baca juga: Tak Cuma Sedap Dipandang, Ini Ragam Manfaat Menanam Pohon di Rumah

Tak hanya bisa menekan pengeluaran, rumah dengan kondisi yang baik bisa memiliki nilai yang lebih tinggi dari nilai kelayakan yang disyaratkan.

Salah satu jenis perawatan rumah yang penting dilakukan oleh setiap pemilik adalah perawatan rutin.

Sesuai namanya, perawatan rutin merupakan perawatan yang wajib dilakukan setiap hari., terutama terhadap area rumah yang digunakan sering digunakan dan dilalui orang. Seperti lantai rumah, KM/WC, serta dapur.Area tersebut harus dijaga kebersihannya karena akan masuk dalam faktor penilaian apakah sebuah rumah layak huni atau tidak.

Nah, berikut langkah-langkah perawatan yang bisa dilakukan untuk membersihkan tiga area penting di rumah Anda seperti dikutip dari Home Made Simple.

1. Perawatan lantai

Menyapu merupakan cara membersihkan lantai yang paling efektif dan harus rutin dilakukan. Jadi jangan pernah lewatkan langkah ini.

Baca juga: Cat Kembali Rumah Anda agar Terlihat Segar Saat Lebaran, Begini Caranya

Pindahkan kursi, karpet atau penghalang lainnya di lantai untuk memastikan lantai benar-benar ada dalam keadaan bersih.

Setelah itu, pel seluruh lantai dan pastikan untuk menjangkau semua sudut ruangan. Jangan menggunakan kain pel yang terlalu basah karena justru akan menimbulkan flek pada lantai.

2. Perawatan kamar mandi

Cara mudah untuk merawat kamar mandi Anda adalah membersihkan area toilet secara rutin. Gosok menggunakan cairan pembersih toilet 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Jangan lupa bersihkan dinding kamar mandi setiap kali selesai mandi. Tanpa disadari, air sabun dan sampo menempel di sana.

Untuk noda ringan, bisa dihilangkan dengan semprotan air kemudian di lap. Namun untuk noda dinding yang sudah bekerak, dapat dibersihkan dengan bantuan cairan pembersih khusus.

3. Perawatan dapur

Setelah selesai melakukan aktivitas memasak, dapur harus langsung dibersihkan agar tidak ada sisa noda yang tertinggal. Anda bisa mulai dengan mengelap meja.

Selanjutnya, bagian lantai harus disapu dan dipel agar bersih kembali. Bila lantai berminyak, Anda bisa mengepel dengan menggunakan air hangat.

Jangan lupa bersihkan tempat cuci piring setiap selesai digunakan untuk menghilangkan sisa air sabun yang menempel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com