Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Rumah Anda dari Maling Saat Mudik Lebaran, Ini Cara Mengamankannya

Kompas.com - 04/04/2022, 19:50 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber geico

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik merupakan salah satu tradisi tahunan yang dilakukan mayoritas masyarakat Indonesia jelang perayaan Lebaran.

Bila pulang kampung, tentu Anda akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong sehingga berisiko disatroni maling.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengunci semua pintu sebelum pergi berlibur termasuk pintu hewan peliharaan.

Jika Anda memiliki pintu garasi otomatis, pertimbangkan untuk melepaskan pembuka elektronik dan menempatkan gembok di jalur pintu garasi.

Baca juga: Pintu Rumah Berbunyi? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Setelah itu, buatlah suasana rumah Anda seperti sedang ditempati. Setel timer pada lampu,  dan televisi sehingga otomatis menyala pada waktu yang bervariasi selama pagi dan sore hari.

Posisikan tirai jendela dan gorden seperti biasa namun pastikan tak ada celah yang memperlihatkan perabotan atau peralatan rumah yang mahal.

Jangan lupa, beri tahu tetangga tepercaya bahwa Anda akan pergi sebentar, dan minta bantuan mereka untuk mengawasi rumah.

Kemudian minta tetangga tersebut untuk menelepon pihak berwenang jika melihat sesuatu yang mencurigakan atau tampak berbahaya terjadi di area rumah Anda.

Baca juga: Material Ini Bisa Pangkas Emisi Gas Rumah Kaca Industri Konstruksi

Hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk melindungi rumah dari serangan pencuri adalah memiliki sistem alarm.

Bila di rumah Anda terpasang alarm, pencuri akan berpikir dua kali untuk menerobos masuk ke rumah karena risiko tertangkap lebih besar.

Hal terakhir yan tak boleh dilupakan adalah memikirkan tempat yang tepat untuk menyembunyikan kunci cadangan rumah.

Pastikan kunci tersebut tidak berada di bawah pot bunga, di atas kusen pintu, atau di bawah batu perabotan lain. Singkirkan kunci tersebut dan berikan pada orang tepercaya Anda untuk diamankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com