Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Bakal Punya 4 Waduk Baru Akhir 2022

Kompas.com - 05/04/2022, 10:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menangani permasalahan banjir di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta tengah membangun empat waduk baru pada tahun 2022.

Posisi Jakarta yang berada di daerah cekungan serta dikelilingi 13 sungai, membuat Pemprov  tak punya pilihan selain terus melakukan beragam upaya penanggulangan strategis.

Salah satunya adalah pembangunan berbagai infrastruktur modern yang dinilai mampu mengurangi dampak buruk banjir.

Melalui proyek 942, Pemprov DKI tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrasktur pengendalian banjir yang meliputi 9 polder, 4 waduk atau embung, dan 2 revitalisasi kali/sungai.

Baca juga: Akhir 2022, Jakarta Bakal Punya 9 Polder Baru

Berikut empat buah waduk baru yang akan dimiliki oleh Pemprov DKI seperti dikutip dari Buletin JaKita edisi 1-2022:

1. Waduk Pondok Ranggon

Berlokasi di Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, waduk ini memiliki kapasitas tampung sebesar 333.575,51 meter kubik. Waduk ini berdiri di lahan seluas kurang lebih 165.506 meter persegi.

Waduk Pondok Ranggon diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengendalian banjir pada daerah di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Sunter dengan potensi reduksi debit banjir sebesar 16,4 persen.

2. Waduk Brigif

Waduk berikutnya adalah waduk Brigif yang berlokasi di Kelurahan Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Berdiri di lahan seluas 102.400 meter persegi, waduk ini memiliki kapasitas tampung sebesar 266.000 meter kubik.

Diharapkan waduk Brigif dapat berkontribusi terhadap pengendalian banjir pada daerah di sepanjang DAS Kali Krukut dengan potensi reduksi debit banjir sebesar 25 persen.

Baca juga: Lautan Sampah di Waduk Jatigede, Ini Solusi yang Diharapkan

3. Waduk Lebak Bulus

Waduk berikutnya berlokasi di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dengan kapasitas tampung sebesar 40.000 meter kubik.

Didirikan pada lahan seluas 38.600 meter persegi, Waduk Lebak Buluk diharapkan dapat mengendalikan banjir di daerah sepanjang DAS Kali Grogol dengan protensi reduksi debit banjir sebesar 11 persen.

4. Waduk Wirajasa 

Waduk selanjutnya yang akan dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta adalah waduk Wirajasa yang berlokasi di Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur. 

Waduk berkapasitas 25.000 meter  kubik ini berdiri pada lahan seluas 8.052 meter persegi dan bisa berkontribusi terhadap pengendalian banjir di kawasan Wirajati-Wirajasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com