Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Timeline Pelaksanaan Proyek Tol Cilacap–Yogyakarta

Kompas.com - Diperbarui 20/11/2022, 18:17 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk merealisasikan salah satu proyek infrastruktur yakni Jalan Tol Cilacap–Yogyakarta.

Kehadiran tol ini sepanjang 121,75 km akan menghubungkan tiga provinsi sekaligus yakni provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sama seperti proyek konstruksi lainnya, pemerintah juga telah menetapkan timeline project Tol Cilacap–Yogyakarta agar bisa selesai sesuai target.

Berdasarkan data dari Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR), tahapan pertama yang akan dilakukan adalah penyiapan proyek dan tender. Prosesnya akan berlangsung mulai tahun 2022 hingga 2023.

Baca juga: Proyek Tol Cilacap–Yogyakarta Bakal Telan Dana Rp 38 Triliun

Tahapan berikutnya adalah financial close dan pembebasan lahan. Ditargetkan tahapan ini dapat selesai dalam kurun waktu tahun 2023-2024.

Setelah itu, proses konstruksi pun bisa segera dimulai dan akan terjadi secara bertahap mulai tahun 2024 hingga 2029.

Rencananya pada tahun 2026, proses konstruksi pada beberapa ruas jalan sudah rampung hingga bisa dioperasikan secara bertahap hingga tahun 2074.

Proyek Jalan Tol Cilacap–Yogyakarta ini akan didanai melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan besar investasi mencapai Investasi Rp 38,47 triliun.

Baca juga: H-15 Lebaran, Jalan Tol Seluruh Indonesia Dipastikan Tak Lagi Berlubang

Dari total dana tersebut, besar biaya yang akan dialokasikan untuk pengadaan (porsi pemerintah) adalah Ro 2,37 triliun. Sementara besar dana yang dihabiskan untuk konstruksi sebesar Rp 27,21 triliun.

Proses konstruksi sendiri akan dibagi menjadi tiga tahapan yakni tahap pertama berlangsung mulai dari kuartal tiga (Q3) 2024 hingga kuartal dua (Q2) 2026. 

Kemudian tahap konstruksi ke dua akan berlangsung pada Q3 2026 hingga Q2 2028. Sementara konstruksi tahap ke tiga direncanakan terjadi pada Q3 2027 hingga Q2 2029.

Nantinya, Jalan Tol Cilacap–Yogyakarta akan terkoneksi dengan Jalan Tol Gedebage–Tasik–Cilacap, rencana Jalan Tol Pejagan-Cilacap serta dengan Jalan Tol Solo–Yogyakarta–YIA Kulonprogo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com