Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melongok Fasilitas Creative Hub Samosir, Tempat Olah Kopi hingga Coworking Space

Kompas.com - 23/03/2022, 21:25 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Creative Hub Samosir di Pantai Indah Situngkir, Kabupaten Simosir, Sumatera Utara, Rabu (23/03/2022).

Creative Hub ini merupakan wadah kreativitas dalam bentuk infrastruktur fisik untuk mendukung para pelaku ekonomi kreatif.

Baik itu mengembangkan ide, bisnis, membangun jejaring, berorganisasi, dan mempererat ikatan intern komunitas maupun antar komunitas subsektor ekonomi kreatif.

Baca juga: Akan Dibangun Papua Youth Creative Hub, Intip Fasilitas Lengkapnya

"Creative Hub ini satu terobosan untuk kebangkitan nasional kita, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja," ujar Sandiaga dalam keterangan pers, Rabu (22/3/2022).

Pengerjaan Creative Hub Samosir dimulai Juni 2021 dan selesai pada Januari 2022. Dibangun di atas tanah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir.

Luas area secara keseluruhan mencapai 1.000 meter persegi. Sementara luas bangunan Creative Hub yaitu 460 meter persegi, yang terbagi menjadi 2 lantai.

Lantai 1 akan digunakan untuk aktivitas pengolahan kopi mulai dari ruang processing, laboratorium uji rasa, ruang pengemasan, sampai dengan ruang display dan cafe untuk menjual hasil produksi komunitas.

Sedangkan lantai 2 terdapat ruang kelas multifungsi, coworking space, dan meeting room yang dapat digunakan untuk pelatihan, workshop, diskusi, atau aktivitas lainnya.

Sandiaga menjelaskan bahwa pembangunan gedung Creative Hub dan pemberian fasilitas sarana diberikan melalui mekanisme Bantuan Pemerintah (Banper).

Diberikan oleh Kemenparekraf kepada Pemerintah Daerah dan Komunitas setempat, berupa fasilitas peralatan pengolahan kopi, sarana teknologi, dan audio visual system.

"Creative Hub ini jangan sampai sepi, karena ini milik rakyat dan dana dari pemerintah sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com